PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA SISWA SMKS MULTI MEKANIK MASMUR PEKANBARU

  • Ahmad Ade Irwanda Universitas Lancang Kuning
  • Wentisasrapita Abiyus Universitas Lancang Kuning
  • Fana Wiza Universitas Lancang Kuning
  • Joko Suprianto Universitas Lancang Kuning
  • Wilbert Sianturi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Digital Marketing, SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru, Media Sosial

Abstract

Digital marketing adalah bentuk promosi yang memanfaatkan teknologi digital. Internet marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang menggunakan media elektronik atau internet (emarketing). SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru adalah Sekolah Swasta di kota Pekanbaru. Strategi yang selama ini digunakan adalah sudah berbasis digital namun belum dilakukan secara optimal. Selain itu, SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube untuk meningkatkan promosi, namun hanya terbatas. Tim pengabdian memberikan pelatihan kepada Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru tentang Pemahaman mengenai Digital Marketing, Platform untuk Digital Marketing, dan Pemasaran dengan Digital Marketing dari permasalahan mitra diatas. Sasaran dari inisiatif Pengabdian Kepada Masyarakat tahun ini adalah peserta pelatihan (Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru). Siswa harus dapat menggunakan dan mengoptimalkan media sosial untuk meningkatkan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Delloitte Access Economics. (2014). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Nusantara. Delloitte Access Economics. Sydney.

Fajar, M.N. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Daya Saing KUMKM. Materi Workshop Microsoft Tech Days. Jakarta.

Gangeshwer, D.K. (2013). E-Commerce or Internet Marketing: A Business Review from Indian Context. International Journal of U- and E-Service, Science and Technology. 6(6). 187-194.

Hadiyati, E. (2008), “Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana. 5(1). 5-20.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan eCommerce. Jurnal Sistem Informasi. 2(1). 159-168.

Juju, Dominikus, Sulianta. (2010). Branding Promotion with Social Network. Jakarta: Elex Media.

Kingsnorth, S. (2016). Digital marketing strategy: An integrated approach to online marketing (1st Edition). Kogan Page.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing. https://doi.org/10.1108/eb008779

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity. 2(1). 80-86.

Stelzner, M. (2012). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business. Social Media Marketing Industries. April 2012.

Published
2024-01-17
How to Cite
Irwanda, A. A., Abiyus, W., Wiza, F., Joko Suprianto, & Wilbert Sianturi. (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA SISWA SMKS MULTI MEKANIK MASMUR PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 34-40. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i1.15472
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 3 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>