Analisis Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen

  • Tuharman Universitas Lancang Kuning
  • Helwen Heri Universitas Lancang Kuning
  • Hadiyanti Universitas Lancang Kuning
Keywords: Komunikasi, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam meningkatkan loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Sebagai subjek penelitian ini adalah 100 orang pelanggan PT. Grafindo Media Pratama di Kecamatan Mandau, Duri yang dikumpulkan datanya melalui kuisioner penelitian. adapun analisis penelitian ini adalah analisis mediasi dengan menggunakan aplikasi olah data Smart-PLS 3. Integrated Communication Marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Konsumen di PT. Grafindo Media Pratama di Kecamatan Mandau, Duri. Integrated Communication Marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Grafindo Media Pratama di Kecamatan Mandau, Duri. Kepuasan Konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Konsumen di PT. Grafindo Media Pratama di Kecamatan Mandau, Duri. Hasil menunjukan bahwa variabel Kepuasan Konsumen mampu memberikan mediasi Integrated Communication Marketing dalam mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Hal ini juga dibuktikan melalui nilai koefisien determinasi yang mengalami peningkatan setelah diberikan variabel mediasi. Diketahui nilai Nilai R Squared dari Loyalitas Konsumen 62,2%.   Mengalami peningkatan menjadi 90% setelah diberikan variabel mediasi kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimbola, A. E., Oluwole, B. A., & Kolawole, A. G. (2020). Effect of Integrated Marketing Communications on Customer Satisfaction of Selected Private Universities in South-West Nigeria. International Journal of Marketing Studies, 12(2), 78. https://doi.org/10.5539/ijms.v12n2p78
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Aksar, M., Kayani, M. bilal, & Murad, A. (2019). A Study of Customer Satisfaction and Customer Loyalty in the Restaurant and Hotel Industry of Pakistan. Global Journal of Emerging Sciences, 1(2), 137–151. www.gjoes.org
Al Azis, M. R. (2021). Tantangan Industri Penerbitan Buku Di Indonesia Sebagai Bagian Dari Industri Kreatif Dalam Mengarungi Era Digitalisasi Dan Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 236. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i3.17949
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and Packaging, An integrated Marking Communications Perspective. Belch: Advertising and Promotion, Sixth Edition, 168.
Brunswick, G. J. (2014). A Chronology Of The Definition Of Marketing. Journal of Business & Economics Research (JBER), 12(2), 105. https://doi.org/10.19030/jber.v12i2.8523
Chaffey, D., & Smith. (2017). Digital Marketing Excellence. New York: Routledge.
Duralia, O. (2018). Integrated marketing communication and its impact on consumer behavior. Studies in Business and Economics, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.2478/sbe-2018-0022
Duţu, R., & Butucescu, A. (2019). On the link between transformational leadership and employees’ work engagement: The role of psychological empowerment. Psihologia Resurselor Umane, 17(2), 76–87. https://doi.org/10.24837/pru.v17i2.291
Fadli, A., Amalia, F., Novirsari, E., Amelia, R., & Fathoni, M. (2021). The Influence Of Marketing Communications On Loyalty Through Satisfaction. Journal of Business and Management Review, 2(12), 850–860. https://doi.org/10.47153/jbmr212.2982021
Fitriani, P. R., Choiri, L. H., & Fauziyah, A. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen CV. Cipta Karya Mandiri. … Research Workshop and …, 4–5. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2954/2294
Garusing, J. J. (2012). Application of Marketing mix elements ( 4Ps ) in the Library sector. Jula, 7(1), 12–36. http://eprints.rclis.org/6742/1/artjula.pdf
Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174. https://doi.org/10.29040/jap.v18i2.114
Hidayati, A. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. E-Book Marketing.
Mansor, Z. (2017). Pengaruh dari Gaya Kepemimpinan Transformasi aktif Keterlibatan Karyawan di antara Generasi Y. Academia Sains Dan Teknologi Dunia, 11(1).
Mihaela, O. O. E. (2015). The Influence of the Integrated Marketing Communication on the Consumer Buying Behaviour. Procedia Economics and Finance, 23(October 2014), 1446–1450. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00446-3
Nguyen, D. L. (2020). Mediating the role of psychological empowerment between transformational leadership and employee engagement. Management Science Letters, 10(16), 4039–4044. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.7.005
Ningsih. (2018). The use of song lyrics to improve student’s vocabulary mastery at kindergarten one of town for kids preschools. Research Article, 1–11. file:///C:/Users/mc/Downloads/Documents/25367-75676579384-1-PB.pdf
Purwadadi, W. (2018). Strategi komunikasi pemasaran telkom dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Shafira. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(2).
Purwanti, A. (2018). Pull Strategy: a Marketing Strategy Public Relations To Maintain Customer Loyalty. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6(2), 162–169. https://doi.org/10.31846/jae.v6i2.79
Rachmawati, D., Akbari, T. T., & Adithia, S. (2021). Social Entrepreneurship Marketing Communication Strategy in Maintaining Customer Loyalty. Communicare : Journal of Communication Studies, 8(1), 76. https://doi.org/10.37535/101008120216
Rumondang, A., & Sudirman, A. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Schaufeli, W. B., Bakker, A. B., & Salanova, M. (2006). The measurement of work engagement with a short questionnaire: A cross-national study. Educational and Psychological Measurement, 66(4), 701–716. https://doi.org/10.1177/0013164405282471
Shaputri, D. A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Cafe Coffee Di Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Morning Glory Coffee. E-Proceeding of Management, 6(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D`. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trijaya, A. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (ALFAMART) Makasar. ISSN 2656-2790 (Online), 1(1), 25–32.
Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Universitas Pancasila Press. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Published
2022-12-31
How to Cite
Tuharman, Helwen Heri, & Hadiyanti. (2022). Analisis Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 4(2), 87-96. https://doi.org/10.31849/jmbt.v4i2.12649
Abstract viewed = 172 times
PDF downloaded = 159 times