Perceived Ethics Learning dan Workplace Behavior: Peran Mediasi yang Dirasakan Ethical Culture

  • M Sharfan Iqbal Universitas Lancang Kuning
  • Adi Rahmat Universitas Lancang Kuning
  • Helwen Heri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perceived ethics learning, Workplace behavior, Ethical culture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ethics Learning akan berpengaruh positif terhadap Ethical Cultur, Ethical Culture karyawan akan memiliki hubungan positif dengan workplace behavior, ethics Learning memiliki hubungan positif dengan workplace behavior. Penelitian ini selanjutnya memberikan kontribusi potensial di bidang studi organisasi dan manajemen, secara teoritis, penelitian ini memperluas pemahaman tentang dari perceived ethics Learning terhadap workplace behavior. penelitian ini akan memberikan masukan bagi organisasi dan manajemen yang dapat mendorong/memberikan hal yang positif dengan memanfaatkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang tenaga pekerja di Universitas Lancang Kuning terhadap perceived ethics learning dan workplace behavior: peran mediasi yang dirasakan ethical culture. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu mementingkan adanya variable-variabel sebagai objek dari sebuah penelitian dan variable tersebut harus didefinisikan dalam bentuk oprasionalisasi masing-masing dari variable. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS melalui software SmartPLS Versi 2.0 M3. PLS merupakan analisis persamaan struktural (SEM) berbasis varian yang secara simultan dapat melakukan evaluasi terhadap model pengukuran sekaligus model struktural. Salah satu alasan penggunaan analisa SEM dalam suatu penelitian adalah terdapatnya variabel yang tidak dapat diukur secara langsung (unobserved variable) sehingga variabel tersebut diukur menggunakan indikator (Wibowo, 2014).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. R., Lin, C. T., Anita, R., Suroto, B., & Hadiyati, H. (2018). Knowledge-sharing behavior among banking officers in Indonesia. Journal of International Studies, 11(2), 136-153.

Abdillah, M. R., (2020). Effects of Altruistic Leadership on Knowledge Hiding among Subordinates : Testing a Dual Mediation Mechanism. (Doctoral dissertation, Da-Yeh University, Taiwai).

Abdillah, M. R., Wu,W., Anita, R. (2020). Can Altruistic Leadership Prevent Knowledge-Hiding Behavior? Testing Dual Mediaation Mechanisms. Knowledge Management Research & Practice.

A.A.Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT.Remaja Rosda Karya, Bandung

Bambang Guritno dan waridin (2005) Guritno,. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja.JRBI. Vol 1. No 1. Hal: 63-74.

Edy Sutrisno, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana

Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. 2003. Behavior in Organization. Prentice Hall. New Jersey.

Kartini Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawali grafindo Persada.

Keith Davis, 2009, Human sBehavior at Work : Organizational Behavior, New York : McGraw-Hill

Miftah Thoha. 2003, Kepemimpinan Dalam Manajemen Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Miftah Thoha, 2011 Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : Rajawali Grafindo Persada.

Monge, Peter R and Noshir S. Contractor. 2003. Theories of Communication Networks. Oxford: Oxford University Press.

Organ, D.W., Podsakof, M.P., MacKenzie, B.S. 2006. Organizational Citizenship Behavior. USA : Sage Publications, Inc

Podsakoff, P.M., Bachrah, D.G & Bendoly. (2001). Attributions of the causes of group performance as an alternative explanation of the relationship between Organizational Citizenship Behavior and Organizational Performance. Journal of Applied Psychology Vol 6, 1285-1293.

Putri dan Nurul. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi, 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Robbins dan Judge, 2008, Perilaku Organisasi, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education

Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

West, Richard dan Turner, Lynn H. 2009. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Introducing Communication Theory: Analysis and Application). Jakarta: Salemba Humanika.

Zakiy, Muhammad. 2015. Pengaruh Ketidakpastian Psikologis Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja dan Intensi Keluar dari Organisasi dengan Leader Member Exchange (LMX) Sebagai Variabel Pemoderasi. Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Gajah Mada.

Published
2022-07-23
How to Cite
M Sharfan Iqbal, Adi Rahmat, & Helwen Heri. (2022). Perceived Ethics Learning dan Workplace Behavior: Peran Mediasi yang Dirasakan Ethical Culture. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 4(1), 15-24. https://doi.org/10.31849/jmbt.v4i1.9271
Abstract viewed = 136 times
PDF downloaded = 83 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>