Implementasi Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada UMKM Kuliner Jakarta Timur

  • Alfiaputry Dinda Prameswari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Onny Fitriana Sitorus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Implementasi, UMKM, Word of Mouth

Abstract

Persaingan dunia usaha semakin ketat sehingga pemilik usaha perlu menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan nya agar terus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pada strategi pemasaran yang dilakukan secara Word of Mouth (WOM) pada salah satu UMKM Kuliner di Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif pendekatan fenomenologis dengan teknik analisis Interactive Analysis Model. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukannya dimensi komunikasi lisan dan komunikasi tulisan. Kedua dimensi ini berpengaruh untuk WOM berjalan dengan baik. Komunikasi lisan dengan memprioritaskan kualitas baik dari segi harga dan menu serta memprioritaskan pelayanan yang baik dilakukan oleh UMKM dapat memberikan komentar positif untuk diberikan kepada orang lain. komunikasi tulisan yang ditemukan juga berpengaruh dalam membangun WOM agar berjalan dengan baik, yang ditemukan adalah adanya desain tulisan grafiti pada dinding UMKM dan juga katalog menu yang jelas baik dari segi tulisan pada harga dan varian menu membuat konsumen memiliki rasa ingin untuk membeli produk tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-05
How to Cite
Dinda Prameswari, A., & Onny Fitriana Sitorus. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada UMKM Kuliner Jakarta Timur. Jurnal Niara, 16(3), 513-519. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.15267
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 6 times