Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe

  • Luthfia Fazra El Ghifari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Moh. Supendi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi penerapan pemasaran digital dan penerapan teknologi digital yang dilakukan oleh UMKM Waken Café. UMKM harus selalu meningkatkan daya saing agar dapat terus berkembang. Salah satu caranya adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung suatu kegiatan usaha. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif, dimulai dengan mengumpulkan data, menyajikan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini diketahui digital marketing memudahkan pelaku UMKM waken Café dalam memberikan informasi dan kemudahan berinteraksi dengan konsumen. Dari penerapan digital marketing dengan bantuan teknologi digital membuat UMKM ini mengalami perubahan yang cukup besar dari peningkatan jumlah konsumen, penjualan dan perluasan target pasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-05
How to Cite
El Ghifari, L. F., & Moh. Supendi. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe . Jurnal Niara, 16(3), 504-512. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.15295
Section
Articles
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 9 times