Persepsi Petani Terhadap Partisipasi Dalam Program IPDMIP Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat

  • Roni Eka Putra Universitas Andalas
  • Hasnah Universitas Andalas
  • Osmet Universitas Andalas
Keywords: Partisipasi, Persepsi, Program IPDMIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi petani terhadap partisipasi dalam program IPDMIP pada aspek fisik, kelembagaan dan sosial di Kecamatan Talamau dan Menganalisis faktor yang mempengaruhi persepsi petani dalam program IPDMIP di Kecamatan Talamau. Analisis data yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Tingkat persepsi petani terhadap partisipasi dalam program IPDMIP di kecamatan Talamau berada pada kategori tinggi pada ketiga aspek, yakni fisik, sosial dan kelembagaan, hal ini bisa dilihat juga dengan adanya peningkatan indeks pertanaman dari 100 persen menjadi 200 persen. Dari 16 variabel awal kemudian disederhanakan menjadi delapan variabel yang kemudian dimasukkan ke dalam model regresi, sehingga diperoleh tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat persepsi petani terhadap partisipasi dalam program IPDMIP. Ketiga variabel tersebut antara lain luas lahan non irigasi, aspek penyuluhan dan kesempatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ikhsan. Alkarisma. 2018. “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Batu Bara Pada Perusahaan PT. Bukit Asam TBK. Unit Dermaga Kertapati.” Program Studi Akuntansi: Universitas Bina Darma Palembang (Penelitii Tidak Dipublikasi)
[2] Indriastuti, W., Muktiali, M. 2015. Commons dilemma pada pengelolaan daerah irigasi kapilaler, Kabupaten Klaten. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, Vol. 3, No. 2, hlm. 105-120.
[3] Krisnawati. 2014. Persepsi Petani Terhadap Peranan Penyuluh Pertanian di Desa Sidomulyo dan Muari Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan [tesIs] Bogor: Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
[4] Manatar, PM., Laoh, EH., Mandei., JR. 2017. Pengaruh Status Penguasaan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di desa Tumani Kecamatan Maesan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Agri-Sosioekonomi Unsrat, Vol. 13 No. 1, hlm. 55-64.
[5] Thahir, A. 2014. Psikologi Belajar. Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar. Lampung.
[6] Thenu, SFW. 2013. Model Pengembangan Agribisnis Jagung untuk Mendukung Ketahanan Pangan Berbasis Gugus Pulau di Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
[7] Theresia, A., Andini, K., Nugraha, S., Mardikanto, T. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: CV Alfabeta.
[8] Usman, U., Juliyani. 2018. Pengaruh Luas Lahan, Pupuk, dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Produksi Padi Gampong Matang Baloi, Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 1 (1), 31-39
Published
2023-09-22
How to Cite
Roni Eka Putra, Hasnah, & Osmet. (2023). Persepsi Petani Terhadap Partisipasi Dalam Program IPDMIP Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Niara, 16(2), 343-350. https://doi.org/10.31849/niara.v16i2.16235
Section
Articles
Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 43 times