Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara

Studi Kasus Pada Desa Danau Cermin, Desa Harusan, dan Desa Sungai Baring

  • Siti Raudah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Muhammad Alwan Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
Keywords: Efektivitas, Pengelolaan, BumDes

Abstract

Dalam Pengelolaan BUMDes sebagian masyarakat tidak mau bayar sewa tenda, kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten, ada beberapa alat yang rusak dan kelalaian pengelola dalam memanajemen BUMDes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pengelolaan BUMDes di Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara dan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi faktor-faktor yang menghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling terdapat informan berjumlah 18 orang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Studi Kasus Pada Desa Danau Cermin, Desa Harusan, dan Desa Sungai Baring) belum berjalan baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek sumber daya manusia, kualitas barang atau jasa yang dihasilkan, keuntungan yang diperoleh, target kerja, sosialisasi, prosedur kerja yang diambil, dan perumusan program kerja. Sedangkan aspek yang sudah berjalan baik adalah sarana dan prasarana, kuantitas barang atau jasa yang dihasilkan, waktu yang diperlukan. Disamping itu faktor penghambat dalam efektivitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Studi Kasus Pada Desa Danau Cermin, Desa Harusan, dan Desa Sungai Baring) yaitu: kurangnya perawatan terhadap sarana dan prasarana. Adapun faktor pendorong yaitu: kuantitas barang atau jasa dari yang telah dihasilkan cukup bagus serta waktu yang dibutuhkan cukup cepat untuk pengguna jasa atau layanan BUMDes.

Disarankan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa agar lebih sering memberikan dorongan kepada para kepala desa khususnya Desa Danau Cermin, Desa Harusan dan Desa Sungai Baring agar BUMDes yang kini terhenti bisa kembali bangkit dan berkembang, untuk BUMDes yang sudah berjalan bisa lebih berkembang lagi. Kepada kepala desa agar juga memilih pengurus BUMDes yang benar-benar memiliki kemampuan dan semangat wirausaha yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2014). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 87 sampai 90 Ayat (1) dan Ayat (2).
Anonim. (2017). Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah Pasal 213 Ayat (1).
Anonim. (2010). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Badan Usaha Milik Desa.
Anonim. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 132 sampai Pasal 142.
Anonim. (2017). Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemerintahan Desa.
Anonim. (2017). Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara Nomor 26 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyertaan Modal BUM Desa
Afrizal, 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Baiti, Nor. 2021. Efektivitas Pelaksanaan Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Banyu Tajun Dalam Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Amuntai. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik.
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Ibrahim, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Makmur. 2015. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mutiari, Dyah dan Arif Zaenudin. 2014. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Pasolong, Harbani. 2016. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Priatna, Yuyun. 2020. Efektivitas badan usaha milik desa harapan indah dalam mensejahterakan masyarakat di desa babirik hilir kecamatan babirik kabupaten hulu sungai utara. Amuntai. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik.
Putri, Nabilla. 2020, Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara (Studi Kasus Bumdes Lok Bangkai, Sungai Bahadangan, dan Karias Dalam). Amuntai. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik.
Siagian, S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumia. 2021. Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Studi Kasus Pada Desa Rantawan, Desa Harus, dan Desa Harusan). Amuntai. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik.
Sutrisno, Edy. 2015. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uha, Ismail Nawawi. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja Proses Terbentuk, Tumbuh Kembang, Dinamika dan Kinerja Organisasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, 2014. Metode penelitian sosial, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, 2017. Metode penelitian sosial, Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardiah, Mia Lasmi. 2016. Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Wijaya, David. 2018. BUM DESA Badan Usaha Milik Desa. Yogyakarta: Gava Media.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sumber Lain:
Dian, Ahmad. 2017. Badan Usaha Milik Desa Ciri-Ciri, Tujuan, Landasan Hukum, Jenis Usaha. (online). Tersedia: https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/bumn/badan-usaha-milik-desa (diakses: 27/10/2022).
Hastuti. 2018. Efektivitas Manajemen Strategik Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Patalassang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. (online). Tersedia: https://digilibadmin.unismuh.ac.id /upload/2836-FullText.pdf (diakses: 27/10/2022).
Makplus, Om. Definisi dan Pengertian Umum Menurut Para Ahli. (online). Tersedia: http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan pengertian-pengelolaan.html (diakses: 27/10/2022).
Published
2023-09-30
How to Cite
Siti Raudah, & Muhammad Alwan Maulana. (2023). Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara: Studi Kasus Pada Desa Danau Cermin, Desa Harusan, dan Desa Sungai Baring. Jurnal Niara, 16(2), 408-415. https://doi.org/10.31849/niara.v16i2.16334
Section
Articles
Abstract viewed = 98 times
PDF downloaded = 61 times