Strategi Adaptasi Program P5 dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Kota Surakarta
Abstract
Perubahan kurikulum mempengaruhi pola pendidikan dan melahirkan proses adaptasi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu program kurikulum merdeka memberikan beban moral bagi warga sekolah untuk beradaptasi dengan kurikulum baru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses adaptasi yang dialami warga sekolah dalam penerapan P5 di jenjang SD, SMP, dan SMA di Kota Surakarta sehingga mampu dipetakan solusi dalam mengatasi adaptasi penerapan P5 agar menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan berbasis pada teori adaptasi John Bennett. Model interaktif Miles&Huberman digunakan sebagai teknik analisis data. Penelitian ini menghasilkan data bahwa terdapat berbagai strategi adaptasi yang dilakukan oleh warga sekolah dalam merancang dan mengimplementasikan program P5. Strategi ini diwujudkan dalam tiga bentuk adaptasi diantaranya adaptasi proses, adaptasi perilaku, dan adaptasi siasat. Berbagai pola adaptasi tersebut membantu membentuk perilaku yang mencakup enam dimensi P5 serta adaptasi siasat yang meliputi program sekolah yang menunjang keberhasilan P5. Namun, masih diperlukan penyesuaian modul ajar dan aktualisasi program, peningkatakan profesionalitas guru, serta peningkatakan sarana prasarana pendidikan yang relevan agar proses adaptasi dan tujuan program dapat tercapai dengan maksimal.
Downloads
References
Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912. http://repository.unpas.ac.id/64678/
Dasmana, A., Wasliman, I., Barlian, U. C., & Yoseptry, R. (2022). Implementation of Integrated Quality Management Strengthening Character Education in Realizing Pancasila Student Profiles. Jurnal Ilmiah IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 3(2), 361–377. https://doi.org/10.37567/ijgie.v3i2.1342
Hidayah, Y., Suyitno, & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283–291. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5591.
Rozhana, K. M., Sugiharto, F. B., Emqy, M. F., & Wicaksono, A. A. (2018). Project Implementation of strengthening “Profil Pelajar Pancasila” (P5) as a value of life in elementary schools. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 7(2), 39–46. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Sinyanyuri, S., Edwita, & Yarmi, G. (2023). Pejuang dan Tantangan Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Tingkat Sekolah Dasar: Best Pratice. Pendas: Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 08(03), 117–136.
Widarini, N. W. W., & Suterji, N. K. (2023). Implementation of The Profile Strengthening of Pancasila Student Profile (P5) in Building Student Character in First Middle School. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 218–231. https://doi.org/10.37329/ijms.v1i2.2276.
Andriani, S., & Jatiningsih, O. (2015). Strategi Adaptasi Sosial Siswa Papua Di Kota Lamongan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(03), 530–544.
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Bennet, J. W. (1996). Human Ecology as Human Behavior: Essay in Environmental and Development Antropology. Transaction Publishers.
Bere, A., Karwanto, & Khamidi, A. (2023). Evaluasi Program Science Class Di Sma Katolik Frateran Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 832–845. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4742
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022, 139–150.
Gianistika, C. (2022). Project-Based Learning Approach and Its Impact for the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 261. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5042
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kartiwan, C. W., Alkarimah, F., & Ulfah. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 239–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59576
Maudyna, I. E., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 637–648.
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
Setiyaningsih, S., & Wiryanto. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095
Setyaningrum, M., & Husain, F. (2023). Adaptasi Perawatan Lansia pada Masa Pandemi COVID-19 di Panti Elim Semarang. SOLIDARITY, 12(1), 157–170. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/71472%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/download/71472/24764
Susmanto, F. G., Sari, F., & Rusmana, F. D. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Guru Terhadap Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 1–3. http://ojs-steialamar.org/index.php/JKIPM/article/view/57%0Ahttp://ojs-steialamar.org/index.php/JKIPM/article/download/57/13
Suwantara, G. P., & Jaya, S. A. (2022). Strategi Petani Di Sekitar Tambang Emas ( Kajian Antropologi Ekologi di Desa Kalaero Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana ). KABANTI:Jurnal Kerabat Antropologi, 6(1), 342–352.
Tinur, E. T., Iskandar, A. M., & Amir, A. (2021). Pola Adaptasi Sosial Guru Pada Pembelajaran Virtual Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 19 Kota Makassar. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 1(1), 44–47.
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi) (1st ed.). Pustaka Pelajar.
Yuniardi, A. (2023). Implementasi P5 Dengan Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Pkbm. Proceeding Umsurabaya,2023,44.https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/viewFile/19712/6718