Analisis Instagram Sebagai Ruang Publik Terhadap Respon Generasi-Z Dalam Kontestasi Pilpres 2024 (Studi Pada Generasi-Z Di Kota Salatiga)

  • Sri Rejeki Anggraeni Kartodinoto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Daru Purnomo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Alvianto Wahyudi Utomo Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Generasi Z, Instagram sebagai Ruang Publik,Kontestasi Pilpres, Kota Salatiga

Abstract

Generasi Z merupakan kaum Digital Native atau mereka yang sejak dini telah berdampingan dengan teknologi. Media teknologi cukup berperan besar dalam suatu kontestasi politik di Indonesia. Instagram merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan oleh muda-muda, khususnya untuk mengetahui berita terkait politik. Generasi-Z cenderung diperebutkan dalam situasi kontestasi politik mengingat jumlahnya yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh ruang publik instagram terhadap respon Generasi-Z di Kota Salatiga dalam kontestasi Pilpres 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Berdasarkan temuan yang didapat sebanyak 81,9% dari 91,5% Generasi-Z di Kota Salatiga menyatakan bahwa instagram berpengaruh pada hak pilih mereka dalam kontestasi Pilpres tahun 2024. Hal tersebut menunjukkan bahwa suatu ruang publik dapat berpengaruh dalam sistem demokrasi suatu negara

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1].Age Groups and Sex in Salatiga Municipality. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Salatiga, 2021. Badan Pusat Statistik Kota Salatiga.
[2].Aji, P., Pratama, S., Yahya, A. K., Studi, P., & Komunikasi, I. (2023). Dinamika Partisipasi Politik Kaum Muda Dalam Platform Media Sosial Instagram dan Youtube. 2(1), 15–24.
[3].Angga, S., Poa, A. A., & Rikardus, F. (2023). Etika Komunikasi Netizen Indonesia di Media Sosial sebagai Ruang Demokrasi dalam Telaah Ruang Publik Jurgen Habermas. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 384–393.
[4].Anggraini, D., Ariesta, A. W., & Wuryanta, A. G. E. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pemilihan Umum Presiden Ri 2019. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.14710/interaksi.11.1.1-12
[5].El Qudsi, M. I., & Syamtar, I. A. (2020). Instagram Dan Komunikasi Politik Generasi Z Dalam Pemilihan Presiden 2019 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pertamina). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 167. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.167-185
[6].Enam, J., Vol, B., & Partisipasi, P. (2008). Jurnal Kajian Politik, dan Masalah Pembangunan. 4(2).
[7].Karim, A. M., Wibawa, A., & Arisanto, P. T. (2020). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Media Sosial (Studi Deskrptif Tingkat dan Pola Politik Partisipasi Gen-Z Kota Yogyakarta Melalui Pemanfaatan Alikasi Instagram Tahun 2019). Paradigma Polistaat, 3(2), 116–131. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i2.3093
[8].Noviyanti, Ubaidullah, & Ardiansyah. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula pada Pilpres 2019 di Kabupaten Aceh Utara (Studi Penelitian di Kecamatan Dewantara). JUrnal ILmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 6(2), 1–21.
[9].Oktama Andriyendi, D., & Fitria Dewi, S. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, 101(1), 2798–6020.
[10].Prasetyo, A. G. (2012). Menuju Demokrasi Rasional: Melacak Pemikiran Jürgen Habermas tentang Ruang Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(2), 95–186.
[11].Pratama, P., & Yahya, A. (2023). Dinamika Partisipasi Politik Kaum Muda Dalam Platform Media Sosial Instagram Danyoutube. Sintesa, 2(01), 15–24. https://doi.org/10.30996/sintesa.v2i01.8465
[12].Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
[13].Putri Yolanda, H., & Halim, U. (2020). Partisipasi Politik Online Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2019. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 30–39. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1381
[14].Yuniarti, R., Safitri, R. A., & Sofiana, H. (2022). Analisis Deskriptif Minat Generasi Milenial Pada Pemilu 2024 (Studi Kasus Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Jurnal Mentari Publika, 2(2), 229–236.

[15].Kominfo. (2014). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Https://Www.Kominfo.Go.Id/. https://www.kominfo.go.id/content/detail/3980/kemkominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-82-jjuta/0/berita_satker
[16].Sholikin, A. (2020). Cyberspace : Ruang Publik Baru bagi Aktivitas Politik Muhammadiyah. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 156. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1585
[17].Simarmata, S. (2014). Media Baru, Ruang Publik Baru, Dan Transformasi Komunikasi Politik Di Indonesia. Jurnal InterAct, 3(2), 18–36.
[18].Supriadi, Y. (2017). Relasi Ruang Publik Dan Pers Menurut Habermas. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.12228
[19].Viani, A. N. (2017). Pengaruh Twitter Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Remaja dalam Pilkada Serentak 2015 pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014. 1–14.
Published
2024-04-19
How to Cite
Sri Rejeki Anggraeni Kartodinoto, Daru Purnomo, & Alvianto Wahyudi Utomo. (2024). Analisis Instagram Sebagai Ruang Publik Terhadap Respon Generasi-Z Dalam Kontestasi Pilpres 2024 (Studi Pada Generasi-Z Di Kota Salatiga). Jurnal Niara, 17(1), 20-29. https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.19877
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times