Kolaborasi Sekolah Dengan Bank Sampah Sekar Gendis Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa

  • Eva Yulia Herawati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Bagas Narendra Parahita Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Saifuddin Zuhri Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: kolaborasi, pengelolaan sampah, karakter pendidikan lingkungan, praktik sosial

Abstract

Penelitian ini membahas tentang praktik sosial dalam kolaborasi antara sekolah dengan Bank Sampah Sekar Gendis dalam program P5 dengan tujuan mengetahui proses pembentukan karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Sedangkan dalam menganalisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah membangun kemitraan dengan bank sampah untuk bekerjasama dalam membangun karakter kepedulian peserta didik terhadap lingkungan melalui program P5 dalam Kurikulum Merdeka. Sekolah menerapkan program pengurangan penggunaan sampah plastik dan pengolahan sampah menjadi barang kreasi sebagai solusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Keberhasilan dari kolaborasi ini diwujudkan dengan sekolah yang berwawasan lingkungan, menjadikan sekolah lebih sehat, asri, dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teori Praktik Sosial oleh Pierre Bourdieu untuk mengaitkan habitus, modal, dan ranah dalam proses berlangsunya kolaborasi untuk menumbuhkan dan menanamkan karakter kepedulian terhadap lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Alfianto, Danu Rizky. 2016. “Praktik Sosial Karang Taruna Mekarsari Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Wisata Osing.” Paradigma 4(3):1–6.
[2] Alliffiantauri, Adhik Audy, and Fuad Hasyim. 2022. “Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Dan Limbah Rumah Tangga Sebagai Peluang Usaha Bagi Remaja Desa Jetak Alastuwo.” Transformatif : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):95–116. doi: 10.22515/tranformatif.v3i1.3945.
[3] Baro’ah, Siti, and Siti Mazidatul Qonita. 2020. “Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) Pada Siswa Melalui Program Lingkungan Sekolah Tanpa Sampah Plastik.” Jurnal Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar 4(1):11–16.
[4] Basit, Abdul, and Dadang Sundawa. 2022. “Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Hijau.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 7(2):109–19. doi: 10.21067/jmk.v7i2.7569.
[5] Hasibuan, Rosmidah. 2016. “Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Hidup.” Jurnal Ilmiah “Advokasi” 04(01):42–52.
[6] Latifah, Atik. 2020. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 3(2):101–12. doi: 10.15575/japra.v3i2.8785.
[7] Lenaini, Ika. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1):33–39.
[8] Marniati, Itza Mulyani, Enda Silvia Putri, Khairunnas, Teuku Muliadi, Hanif Muchdatul Ayunda, and Jasmi. 2021. “Upaya Pengendalian Sampah Plastik Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal Of Community Service 1(1):111–14.
[9] Maslamah, Annisaul, Novalia Agustina, and Ahmad Nurozi. 2020. “Pelatihan Literasi Lingkungan Dan Pengolahan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Di Sdn Krawitan Yogyakarta.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 2(1):381–90. doi: 10.20885/tullab.vol2.iss1.art14.
[10] Muktamar, Ahmad, Hendrawan Yusri, Besse Reski Amalia, Indo Esse, and Sahria Ramadhani. 2024. “Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa.” Journal of International Multidisciplinary Research 2(2):5.
[11] Nuzulia, Sri, Sukamto Sukamto, and Agus Purnomo. 2020. “Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa.” SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 6(2):155–64. doi: 10.15408/sd.v6i2.11334.
[12] Putri, Rizqy Fadhlian, and Alistraja Dison Silalahi. 2018. “Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Estetika Dan Ekonomi.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 233–36.
[13] Rahmawati, Triana, Drajat Tri Kartono, Trisni Utami, and Yuanita Dwi Hapsari. 2020. “Social Practices between Individuals with Mental Illness and Griya Schizofren Volunteers in Griya PMI (Indonesian Red Cross) Peduli Surakarta.” Society 8(2):836–47. doi: 10.33019/society.v8i2.223.
[14] Sari, Ni Luh Made Dwi Amertha, and I. Gusti Agung Ayu Wulandari. 2022. “Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(4):1349–58.
[15] Setiawati, Ratih Dwi, Firman Robiansyah, and Darmawan Darmawan. 2022. “Implementasi Program Jumat Bersih Dalam Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SD Madani.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 7(1):55–72. doi: 10.22437/gentala.v7i1.16791.
[16] Sholikah, Vani Amanatus Sani, and M. Jack. 2017. “Praktik Pemberdayaan Perempuan Desa Melalui LBK WCC Jombang.” Jurnal Sosiologi 1–5.
[17] Siskayanti, Juni, and Ika Chastanti. 2022. “Analisis Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(2):1508–16. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2151.
[18] Sukmawati, Sukmawati, Arwansyah Arwansyah, Dewi Satria Ahmar, Muhammad Fath Azzajjad, and Andi Patmasari. 2023. “Sosialisasi Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Negeri 3 Sindue Tobata.” Panrannuangku Jurnal Pendabdian Masyarakat 3(2):60–67.
[19] Sulistyanto, Hernawan, Iqna Maulidya Syafira, Amalia Quratul Isnaini, Fitroni Hadi Prasetyo, Wafafi Qolby, Esti Pramita, Retno Aruming Tyas, Indhityas Kurnianing Fauziah, Farid Muhammad, and Rifki Khusain. 2020. “Pembiasaan Pengelolaan Sampah Sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar.” Buletin KKN Pendidikan 1(2):42–49. doi: 10.23917/bkkndik.v1i2.10768.
[20] Wulandari, Yeni, and Muhammad Kristiawan. 2017. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(2):290–303. doi: 10.31851/jmksp.v2i2.1477.
Published
2024-04-30
How to Cite
Eva Yulia Herawati, Bagas Narendra Parahita, & Saifuddin Zuhri. (2024). Kolaborasi Sekolah Dengan Bank Sampah Sekar Gendis Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Niara, 17(1), 125-133. https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.19989
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times