PENGARUH KINERJA PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BATAM

  • Heryenzus Heryenzus Universitas Putera Batam
  • suali suali Universitas Putera Batam
Keywords: Kinerja, Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence, Kepuasan

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan inilah yang selalu dituntut agar selalu bertambah baik. Hal ini tidak mudah,  karena terdapat persaingan yang semakin ketat. Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam meningkatkan kinerja organisasi diawali dari kepuasan pasien Rumah Sakit itu sendiri. Penelitian ini menggunakan kriteria  Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence(MBCfPE). MBCfPE merupakan salah satu metode peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus-menerus.MBCfPE.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa mengenai pengaruh masing-masing keenam kriteria MBCFPE (kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses.) terhadap kepuasan pasien BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Batam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan deskriptif analisik dengan pendekatan metode mix method dengan sequential explanatory design. Jumlah jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keenam kriteria MBCFPE :kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Batam artinya semakin baik hasil variabel tersebut akan meningkatkan kepuasan pasien BPJS kesehatan rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1].Abidin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal Mkmi, 12(2), 70–75. Https://Doi.Org/10.30597/Mkmi.V12i2.922
[2].Arijanto, S., & Harsono, A. R. (2010). Pengukuran Kinerja Fakultas Di Perguruan Tinggi “X” Menggunakan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (Education Criteria). Proceeding Seminar Nasional Iv Manajemen Dan Rekayasa Kualitas.
[3].Eka, Eka. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Rumbai Pesisir. Jurnal Niara, 9(2), 109-114. Https://Doi.Org/10.31849/Nia.V9i2.2104
[4].Hardiansyah. (2013). Analisis Pengaruh Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence Terhadap Kinerja Pt Trakindo Utama Cabang Medan.
[5].Kunst, Paul, & Lemink, J. (2000). No Titlequality Management And Business Performance In Hospital: A Research For Success Parameter. Taylor & Francis Ltd.
[6].Lee, & Sunhee. (2002). Assessing The Faktor Influencing Continuous Quality Improvement Implementation, Experience In Korean Hospital, International Journal For Quality In Health Care. Oxford University Press.
[7].Davis, Robert A. & Stading, Gary L. (2005). Linking Firm Performance To The Malcolm Baldrige National Quality Award Implementation Effort Using Multriattribute Utility Theory. Journal Of Southwest Texas State University And University Of Houston , Volume 31 Number 3.
[8].Cazzel, Brian & Ulmer, Jeffrey M. (2009). A Closer Look At Malcolm Baldrige National Quality Award Winners In The Manufacturing Category. Journal Of University Of Central Missouri, Volume 4, Issue 1.
[9].Giunta, Et.Al. (2006). The Significance Of The Malcolm Baldrige National Quality Award (Mbnqa) As Key Competencies For Human Resource Business Professionals. Journal Of Capella University
[10].Imbalo S. Pohan 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Egc
[11].Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
[12].Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
[1].Abidin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal Mkmi, 12(2), 70–75. Https://Doi.Org/10.30597/Mkmi.V12i2.922
[2].Arijanto, S., & Harsono, A. R. (2010). Pengukuran Kinerja Fakultas Di Perguruan Tinggi “X” Menggunakan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (Education Criteria). Proceeding Seminar Nasional Iv Manajemen Dan Rekayasa Kualitas.
[3].Eka, Eka. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Rumbai Pesisir. Jurnal Niara, 9(2), 109-114. Https://Doi.Org/10.31849/Nia.V9i2.2104
[4].Hardiansyah. (2013). Analisis Pengaruh Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence Terhadap Kinerja Pt Trakindo Utama Cabang Medan.
[5].Kunst, Paul, & Lemink, J. (2000). No Titlequality Management And Business Performance In Hospital: A Research For Success Parameter. Taylor & Francis Ltd.
[6].Lee, & Sunhee. (2002). Assessing The Faktor Influencing Continuous Quality Improvement Implementation, Experience In Korean Hospital, International Journal For Quality In Health Care. Oxford University Press.
[7].Davis, Robert A. & Stading, Gary L. (2005). Linking Firm Performance To The Malcolm Baldrige National Quality Award Implementation Effort Using Multriattribute Utility Theory. Journal Of Southwest Texas State University And University Of Houston , Volume 31 Number 3.
[8].Cazzel, Brian & Ulmer, Jeffrey M. (2009). A Closer Look At Malcolm Baldrige National Quality Award Winners In The Manufacturing Category. Journal Of University Of Central Missouri, Volume 4, Issue 1.
[9].Giunta, Et.Al. (2006). The Significance Of The Malcolm Baldrige National Quality Award (Mbnqa) As Key Competencies For Human Resource Business Professionals. Journal Of Capella University
[10].Imbalo S. Pohan 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Egc
[11].Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
[12].Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
Published
2018-12-09
How to Cite
Heryenzus, H., & suali, suali. (2018). PENGARUH KINERJA PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BATAM. Jurnal Niara, 11(2), 150-158. https://doi.org/10.31849/nia.v11i2.2112
Section
Articles
Abstract viewed = 903 times
PDF downloaded = 786 times