STRATEGI PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB DI KABUPATEN PELALAWAN DAN KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU

  • Nur Laila Meilani Universitas Riau
  • Baskoro Wicaksono Universitas Riau
  • Sri Lilestina Puslitbang KB & KS BKKBN Pusat
  • Aning Tri Subeqi BKKBN Pusat
Keywords: modal sosial, keluarga berencana, kesadaran kolektif, partisipatif

Abstract

Fakta bahwa Kampung KB mengalami “mati suri” pasca pencanangan menjadi sebuah hal yang tidak terbantahkan. Disisi lain, hasil kajian Meilani dkk (2017) menemukan bahwa sesungguhnya masyarakat sangat menunggu adanya follow up yang lebih nyata dan tentunya periodik dalam rangka pelaksanaan Kampung KB. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis existing condition modal sosial dalam pelaksanaan Program Kampung KB di Provinsi Riau. Secara konseptual, modal sosial diderivasi ke dalam 4 (emapat) aspek, yaitu nilai dan norma/NN, trust and resiprocity/TRC, informasi/INF, dan networking/NW. Data dikumpulkan melalui observasi dan indepth interview. Informan terdiri dari : (a) Pengurus Kampung KB, (b) Tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kampung KB, dan (c) Lurah/Kepala Desa. Analisis data kualitatif dilakukan dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran individu yang membawa semangat altruisme dan keikhlasan untuk terus menghidupkan Kampung KB nyatanya sangat menentukan keaktifan dari Kampung KB tersebut. Selain itu, secara kualitatif juga teridentifikasi bahwa bukan tentang hubungan kekeluargaan ataupun ada atau tidak anggaran yang menentukan keaktifan Kampung KB, melainkan kesadaran kolektif (collective consciousness) yang sesungguhnya menjadi denyut nadi Kampung KB, baik di perkotaan maupun pedesaan. Namun sayangnya, sampai dengan sekarang ini belum terbangun proses institusionalisme terhadap collective consiousness tersebut. Bahkan pada level tertentu, kegiatan dan tindakan dari pemerintah (pusat/provinsi/kabupaten) justru bersifat mereduksi keberadaan collective consciousness tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

.Akdere, 2005. Social Capital Theory and Implications for Human Resource Development. Singapura Management Review. 27.1.

.Alfitri, 2011. Community Development; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

.Badaruddin. 2005. Modal Sosial (Social Capital) dan Pemberdayaan Komunitas Nelayan, dalam Isu-isu Kelautan dari Kemiskinan hingga Bajak Laut. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

.Bourdieu, P. 1986. The Forms of Capital. In J. Richardson (ed). Handbook of Theory and Research for Sociology of Education. New York: Greenwood Press.

.Coleman, James S.. 2008. Dasar-Dasar Teori Sosial. Diterjemahkan oleh Imam Muttaqien, Derta Sri Widowati & Siti Purwandari. Bandung: Nusa Media.

.Fukuyama, Francis. 1995. Trust: The Social Virtues and The Creation of Prosperity. New York: Free Press.

.Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

.Ife, Jim & Tesoriero, Frank. 2008. Alternatif Pengembangan Masyrakat di Era Globalisasi; Community Development (edisi ke-3). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

.Lawang, Robert, M.Z. 2005. Kapital Sosial, Dalam Perspektif Sosiologik. Jakarta: FISIP UI Press.

.Meilani, Nur Laila dkk. 2017. Laporan Akhir Studi Evaluasi Kampung KB di Provinsi Riau. PSKPW Universitas Riau bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Riau dan PUSNA BKKBN Pusat (tidak dipublikasikan).

.Nasdian, Fredian Tonny. 2014. Pengembangan Masyarakat. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

.Putnam, Robert D. 1993. The Prosperous Community; Social Capital and Public Life. TAp.

.Rahmeina, Fauziah Riska & Meilani, Nur Laila. 2017. Koordinasi dalam Pelaksanaan Program Kampung KB di Kota Pekanbaru. Skripsi pada Prodi Administrasi Publik FISIP Universitas Riau.

.Rukminto, Adi Isbandi. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

. Rukminto, Adi Isbandi. 2008. Intervensi Komunitas, Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

.Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

.Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: Refika Aditama

Published
2019-05-10
How to Cite
Meilani, N. L., Wicaksono, B., Lilestina, S., & Subeqi, A. T. (2019). STRATEGI PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB DI KABUPATEN PELALAWAN DAN KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU. Jurnal Niara, 12(1), 9-18. https://doi.org/10.31849/nia.v12i1.2148
Section
Articles
Abstract viewed = 955 times
PDF downloaded = 650 times