PROSES PENDAMPINGAN OLEH PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGEMBANGAN SDM PELAKU INDUSTRI KULINER RENDANG DI KOTA PADANG

  • Mulyadi Pascasarjana Universitas Andalas Padang
Keywords: pemangku kepentingan, pendampingan, kearifan lokal, sumber daya manusia, rendang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendampingan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan dalam pengembangan sumber daya manusia pelaku industri kuliner rendang di Kota Padang serta menganalisis aspek-aspek keberhasilan SDM pelaku industri kuliner rendang di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Proses analisis data kualitatif menggunakan analisis data lapangan Model Miles dan Huberman. Miles dan Huberman (1984) dalam Sugiyono (2012: 246). Pemangku kepentingan meliputi unsur pemerintah, swasta dan perguruan tinggi di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendampingan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan meliputi sosialisasi, pelatihan serta monitoring dan evaluasi. Namun, proses pendampingan tidak berjalan secara optimal, hal ini dikarenakan adanya keterbatasan anggaran, dan SDM dari pemangku kepentingan. Sedangkan pada aspek keberhasilan SDM pelaku industri kuliner rendang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Terdapat perubahan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pada aspek kognitif terjadi perubahan pengetahuan meliputi penentuan harga produk, jenis kemasan, masa kadarluasa dan strategi pemasaran. Namun pada aspek afektif dan psikomotorik sebagian pelaku industri kuliner rendang mengalami perubahan secara baik. Hal ini mengindikasikan bahwa SDM pelaku industri kuliner rendang mengalami peningkatan dalam berwirausaha rendang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, I.D.K.R., I.A. Brahmayanti, dan Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.12 No.1 Maret 2010:42-55 Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Bank Indonesia. (2015). Profile Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Dhamayantie, E., dan Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan untuk Meningkaatkan Kinerja UMKM. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 11, No. 88 1, Februari 2017. 90 hal.

Eko, S., dkk. (2015). Modul Pelatihan Penyelenggaran Pendampingan Desa Pengakhiran PNPM Mandiri Perdesaan dan Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Jakarta Pusat. 343 hal

Karmilati., RR.N.Purbasari. (2012). Pengukuran Kinerja Usaha Kecil Menengah Menurut Faktor Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.14 No.3. 238 hal.

Lobo, A.N. (2008). Proses Pendampingan Seks Pekerja Komersial dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS (Studi Kasus di Lokalisasi Tanjung Elmo Sentani oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Daerah Papua Provinsi Papua. [Tesis]. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Indonesia.

Najiyati, S., Agus Asmana, I Nyoman N. Suryadiputra. (2005). Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Proyek Climate Change, Forests and Peatlands in Indonesia. Wetlands International – Indonesia Programme dan Wildlife Habitat Canada. Bogor.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 334 hal.

Setiawan, D., Aryani, Y.A., Rahmawati, I.P., dan Sarwono, A.E. (2016). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah: Kajian pada Industri Tenun Goyor di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol. 10 No. 2 Desember 186 2016: 186 – 190. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2008. Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Published
2019-05-20
How to Cite
Mulyadi. (2019). PROSES PENDAMPINGAN OLEH PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGEMBANGAN SDM PELAKU INDUSTRI KULINER RENDANG DI KOTA PADANG. Jurnal Niara, 12(1), 100- 108. https://doi.org/10.31849/nia.v12i1.2670
Section
Articles