Kinerja Pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah

  • Agus Sya'bani Arlan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
Keywords: kinerja pelayanan, pertanahan, kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan, menganalisa faktor-faktor penghambat pelayanan dan menginterpretasikan model-model kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Unit analisis penelitian adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar dalam meningkatkan pendaftaran hak atas tanah sesuai amanat UU Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria dan PP RI Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, adalah: (1) dalam melayani administrasi bidang pertanahan tidak berjalan baik, dan (2) kurang optimal dalam sosialisasi bidang pertanahan.

Atas dasar hasil penelitian, dalam rangka meningkatkan kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar dan pendaftaran atas tanah, maka hendaknya Pemerintah melaksanakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat lewat media cetak dan elektronik. Serta meningkatkan anggaran biaya penyelenggaraan pensertifikatan hak atas tanah secara massal tanpa biaya, dan pembenahan peraturan tentang hak atas tanah dengan pasal yang bersifat memaksa dengan sanksi tegas kepada pemilik tanah yang belum mendaftarkan hak atas tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, Keputusan Menteri Negara PAN Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum

Anonim. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah

Anonim. Instruksi Menteri Negara Agraria/Kepala BPN Nomor 3 Tahun 1998 tentang Peningkatan Efisiensi dan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Bidang Pertanahan

Anonim. Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala BPN Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pelimpahan Kewenangan Pemberian dan Pembatalan Keputusan Hak Atas Tanah

Dale, Timple, 2001. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja/Performance, Jakarta: Eki Media
Gaspersz, Vincent, 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industrialisasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Keban, Yeremias T., 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Yogyakarta: Gava Media

Moeleong, Lexy J., 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Ndraha, Taliziduhu, 2002. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta

Parlindungan, A.P, 1999. Pendaftaran Tanah di Indonesia (Berdasarkan PP. 24 Tahun 1997) Dilengkapi dengan Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP. 37 Tahun 1998), Bandung: Mandar Maju

Ratminto, dan Winarsih, Atik Septi, 2007. Manajemen Pelayanan,Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta
Published
2020-05-06
How to Cite
Agus Sya’bani Arlan. (2020). Kinerja Pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah. Jurnal Niara, 13(1), 167-171. https://doi.org/10.31849/niara.v13i1.3973
Section
Articles
Abstract viewed = 576 times
PDF downloaded = 440 times