Kinerja Pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan, menganalisa faktor-faktor penghambat pelayanan dan menginterpretasikan model-model kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Unit analisis penelitian adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar dalam meningkatkan pendaftaran hak atas tanah sesuai amanat UU Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria dan PP RI Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, adalah: (1) dalam melayani administrasi bidang pertanahan tidak berjalan baik, dan (2) kurang optimal dalam sosialisasi bidang pertanahan.
Atas dasar hasil penelitian, dalam rangka meningkatkan kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar dan pendaftaran atas tanah, maka hendaknya Pemerintah melaksanakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat lewat media cetak dan elektronik. Serta meningkatkan anggaran biaya penyelenggaraan pensertifikatan hak atas tanah secara massal tanpa biaya, dan pembenahan peraturan tentang hak atas tanah dengan pasal yang bersifat memaksa dengan sanksi tegas kepada pemilik tanah yang belum mendaftarkan hak atas tanah.
Downloads
References
Anonim. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah
Anonim. Instruksi Menteri Negara Agraria/Kepala BPN Nomor 3 Tahun 1998 tentang Peningkatan Efisiensi dan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Bidang Pertanahan
Anonim. Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala BPN Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pelimpahan Kewenangan Pemberian dan Pembatalan Keputusan Hak Atas Tanah
Dale, Timple, 2001. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja/Performance, Jakarta: Eki Media
Gaspersz, Vincent, 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industrialisasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Keban, Yeremias T., 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Yogyakarta: Gava Media
Moeleong, Lexy J., 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Ndraha, Taliziduhu, 2002. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta
Parlindungan, A.P, 1999. Pendaftaran Tanah di Indonesia (Berdasarkan PP. 24 Tahun 1997) Dilengkapi dengan Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP. 37 Tahun 1998), Bandung: Mandar Maju
Ratminto, dan Winarsih, Atik Septi, 2007. Manajemen Pelayanan,Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta