Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan

  • Ruslihardy Universitas Lancang Kuning
Keywords: Motivasi Pelayanan Publik, Perilaku dalam motivasi pelayanan publik, Dimensi-dimensi Motivasi pelayanan publik, Konsep Motivasi pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan.. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan yang berlokasi di Jalan Bhakti Praja Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Riau 28381. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dengan menggunakan SPSS. Yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian melalui pengisian kuesioner oleh respon pegawai yang selanjutnyaakan dijadikan pembahasan hasil-hasil penelitian dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber lain seperti bahan bacaan, bahan pustaka, dan laporan-laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh motivasi pelayanan public terhadap pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan sangat tinggi. Walaupun dalam pembuatan kebijakan public tingkat ketertarikan pegawai tidak berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan. bahwa hasil regresi sederhana menjelaskan bahwa motivasi pelayanan publik berpengaruh sedikit atau tidak secara signifikan terhadap kinerjasebesar 6,60%. Sedangkan sisanya sebesar 93,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kepuasan kerja, kompensasi, motivasi kerja, pendidikan, keterampilan dan keahlian pegawai dan sebagainya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara Sahya, 2013, Ilmu Administrasi Negara, Pustaka Setia, Bandung.
Hasibuan S.P, Melayu, 2013, Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta
, 2013, Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta
2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT.
,2013, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
,2013, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
Hasbullah, 2013, Otonomi Daerah, Raja Grafindo, Jakarta, PT
Ike Kusdyah, 2013, Manajemen Sumber Daya manusia, Yogyakarta,ANDI
Iskandar kasim, 2013,manajemen Perubahan,Jakarta, Alfabeta
Ibnu Syamsi, Pengambilan Keputusan,Bumi Aksara Jakarta, tahun 2013, PT
Manullang,M,2014, Dasar-Dasar manajemen,Yogyakarta,UGM Press
Notoadmodjo, Soekidjo, 2013 Pengembangan Sumber Daya manusia, PT Rineka
Cipta
Prijono. T. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia dan PembangunanDaerah, Jakarta Penerbit Pustaka Sinar Harapan.
Pasolong Harbani, 2013, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
Perry and Annie Hondeghem, James L. 2008. Motivation in Public Management.
New York : Oxford University Press Inc
Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian
Kuantitatif. Depok. Rajawali Pers.
Russel & Bernardin, 1993. Human Resource Management.An. Experimential
Approach,Terjemahan. Jakarta : Pustaka Biriaman Presindo
Siagian, P.Sondang, Teori dan Praktek Kepemimpinan, Rineka Cipta Jakarta 2013

, 2013, Filsafat Administrasi, Jakarta Hajimasagung
Sufyan, 2013,Administrasi Organisasi dan Manajemen, UIR Press, Pekanbaru
Syafiie,Inu Kencana, 2011, Sistem Administrasi Negara, Bumi Aksara, Jakarta.
Siagian P. Sondang, 2013, Filsafat Administrasi, Bumi Aksara, Jakarta.
Sofiyan Efendi,masri Singarimbun Metode Penelitian Survei, LP3ES, 2013, Jakarta
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R &
D, Alfabeta, Bandung
Santoso, 2013,Manajement, PT Bumi Aksara, Bandung
Terry,George, Dasar-Dasar Manajement, Bumi Aksara bagian Revisi, Jakarta,2013)
Umam Khaerul, 2013, Manajemen Organisasi, Pustaka Setia, Bandung
, 2013, Manajemen Organisasi, Pustaka Setia, bandung
Wibowo, 2013,Manajemen Kinerja, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Yunarsih, Tjutju, dan Suwatno, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung
JURNAL
James. L.Perry. “Measuring Public Services Motivation: An Assessment of
Construct Realibility and Validity”. Journal of Public Administration Research and
Theory (J-PART). Volume 6 No.1. p 5-23.
Perry, James, L. And Lois Recascino Wisee. 1990. “The Motivational Bases of
Public Service”. Public Administration Review 50 (May/June) : 367-373.
Published
2020-05-06
How to Cite
Ruslihardy. (2020). Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan. Jurnal Niara, 13(1), 155-166. https://doi.org/10.31849/niara.v13i1.3994
Section
Articles
Abstract viewed = 1030 times
PDF downloaded = 556 times

Most read articles by the same author(s)