Model Komunikasi City Branding Pariwisata Sumatera Barat Di Tengah Adaptasi Kebiasan Baru Pandemi Covid-19

  • Revi Marta Universitas Andalas
  • Ilham Havifi Universitas Andalas
  • Fikri Adha Safril Universitas Andalas
Keywords: City Branding, Pariwisata, Kebiasaan Baru, Pandemi, Covid-19

Abstract

Sektor pariwisata sempat redup akibat pandemi Covid-19, hal ini karena kebijakan PSBB yang menutup segala kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian. Pemerintah meminimalisir kemungkinan penularan virus corona dari cluster tempat wisata, segala aktifitas wisata dihentikan secara total. Namun demikian, pelaku usaha kini mulai dapat bernapas lega karena beberapa tempat pariwisata dibuka pada fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru atau yang dinamakan dengan AKB, mulai diterapkan pemerintah semenjak Bulan Juli 2020. AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) ini sudah mulai disosialisasikan oleh pemerintah baik melalui media Televisi, Sosial Media, pusat informasi ke berbagai lembaga dan sosialisasi langsung ke pemerintah daerah setempat. Salah satu provinsi yang terdampak pandemi yaitu Sumatera Barat, terjadi penurunan kunjungan wisatawan yang tentunya berpengaruh pada branding pariwisata Sumatera Barat. Sebagai salah satu sektor yang terdampak, maka pemerintah khususnya provinsi Sumatera Barat harus mendesain model komunikasi komunikasi city branding pariwisata ditengah Adaptasi kebiasaan baru Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 1991. Pengukuran Kemampuan Daerah Tingkat II Dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Nyata dan Ber- tanggung Jawab. Jakarta: Litbang Depdagri
Gie, The Liang. 1997. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
Gujarati, Damodar. 1999. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga
Halim, Abdul. 2001. Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Karang Taruna Maharani. 2018. Monografi Karang Taruna Maharani Desa Lokpaikat. Tapin
Lina, Mursyida. 2013. Efektivitas dan Pengaruh Program Penanggulangan Kemiskinan Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pra Sejahtera di Kabupaten Tapin. Tesis Mahasiswa Program Pasca Sarjana pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
Manurung Romulus. 2006. Dampak Kredit Bank Perkreditan Rakyat dalam Meningkatkan Perekonomian Pedesaan (Studi Kasus di Wilayah Kalsel). Jakarta: Jurnal Keuangan dan Moneter
Nanga, Muana. 2001. Makro Ekonomi Teori, Masalah, dan Kebijakan. Jakarta: Rajawali Pers
Subagyo, Ahmad Wito. 2000. Efektivitas Program Penang- gulangan Kemiskinan dalam Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan. Yogyakarta: UGM Press
Sukirno, Sadono. 2000. Makroekonomi Teori Pengantar. Ja- karta: PT. RajaGrafindo Persada
Yohana, Aditya 2017. Efektivitas Pemberian Subsidi Langsung Tunai Kepada Masyarakat Miskin di Kelurahan Kecamatan Kampung Melayu Banjarmasin Tengah. Skripsi Mahasiswa Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

AGUS SYA’BANI ARLAN, alumni Program Magister Administrasi Publik FISIP ULM Banjarmasin (Oktober 2014) ini menamatkan studi S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara di FISIP UNISKA Banjarmasin pada Oktober 2004. Berprofesi sebagai Dosen PNS Dpk LL DIKTI Wilayah XI Kalimantan pada STIA Amuntai sejak 2005
Published
2022-05-01
How to Cite
Revi Marta, Ilham Havifi, & Fikri Adha Safril. (2022). Model Komunikasi City Branding Pariwisata Sumatera Barat Di Tengah Adaptasi Kebiasan Baru Pandemi Covid-19. Jurnal Niara, 15(1), 112-124. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.5135
Section
Articles
Abstract viewed = 626 times
PDF downloaded = 678 times