Kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru

  • Disya Anggreni Manurung Universitas Riau
  • Harapan Tua Ricky Freddy Simanjuntak Universitas Riau
Keywords: Kinerja, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Abstract

Pelaksanaan suatu kegiatan / program kebijakan untuk mewujudkan sasaran , tujuan, misi dan visi dari dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kota Pekanbaru .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Pekanbaru dalam menangani kasus – kasus dan juga pencegahan terkait tindak kejahatan dan kekerasan yang menimpa perempuan dan juga anak. Upaya – upaya serta program – program yang dibuat untuk melindungi dan mencegah terjadinya tindak kekerasan yang bisa menimpa perempuan dan anak , serta menelaah faktor – faktor penghambat yang terjadi dalam kinerja dinas tersebut . Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif yaitu pengamatan dan berdekatana langsung dengan Informan terkait untuk mendapatkan informasi – informasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kinerja dinas pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kota pekanbaru sudah cukup baik , karena dari 5 indikator pengukuran kinerja yang dilakukan peneliti sudah hampir semuanya terpenuhi walaupun belum maksimal. Serta faktor penghambat kinerja  yaitu anggapan masyarakat untuk melapor ialah merasa aib, tabu atau hal yang memalukan sehingga lebih baik disimpan sendiri, anggaran yang terbatas dan tidak bisa memenuhi rencana krgiatan dan program – program yang akan dilaksanakan, serta keterbatasan sarana dan prasarana yang ada

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang – Undang dan Peraturan

Undang-Undang RI.Nomor 9 Tahun 1999 pasal 1 tentang Hak Asasi Manusia.

Undang – Undang No. 4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Undang-Undang Nomor. 23 Tahun 2002 tentang Hak dan Kewajiban Anak.

Renstra Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kota Pekanbaru
Panduan Survey kepuasan Masyarakat kota Pekanbaru
Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Kota Pekanbaru

Lakjip Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kota Pekanbaru tahun 2019.

Data Kekerasan Unit Satreskrim VI PPA Polresta Pekanbaru 2020

Buku

Adam, Indrawijaya. (2000). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Biru Aglesindo.

Amsyah, Zulfikri,2003 Manajemen Kearsipan, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Abdul, Ghafur Anshori, Perbankan Syariah Di Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,2009 hal 13

Armstrong,Michael. Performance Management 4th edition 2009. London: N1 9JN page 122, 124.
Anwar, A.A Prabu Mangkunegara,2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Depok: Rosda Pustaka hal 9.

Boedi, Abdullah oleh Mukarom.Zaenal dan Wijaya Laksana,Muhibin. 2015. Membangun Kinerja Pelayananan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.

Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2011. Metode penelitian Sosial Berbagai Alternatif.Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Al Fajar, Siti,. Tri Heru.April,2010. Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai dasar meraih keunggulan bersaing. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN hal 148.

Dwiyanto, Agus.2005. Mewujudkaan Good Goovernance Melalui Pelayanan Publik Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eddyono,W. Supriyadi. 2005. Pengantar Konvensi Hak Anak, ELSAM, Jakarta : Karyawan.Penerjemah Ramlan. PPM.

Foster, Bill & Seeker, Karen R. 2001. Pembinaan untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jakarta: Penerjamahan Ramlan. PPM.

Fattah,Nanang. 2016. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Persada hal 19.

Pasolong, Harbani.2008. Teori Administrasi Publik .Bandung: Alfa Beta hal ;176.

Mukarom,Zaenal. Wijaya, Muhibin Laksana, 01 Februari 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia Bandung hal 67-68, 126.

Munandar, M Sulaeman , Siti Homzah. ekerasan terhadap Perempuan. April 2019. Bandung: Refika Aditama hal 85 , 88.

Simanjuntak, J Payaman. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia hal 20-21, 3.

Handayaningrat, Soewarno. 1985. Pengantar Ilmu Administrasi Dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.
R Jhon, Schermerhorn Jr. 1994 dalam Tesis Eka Juliana,Universitas Riau 2011.

Mathis, Robert L. dan Jackson. John H. 2006. Human Resource Management(Manajemen Sumber Daya Manusia)Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Marwansyah 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta hal 229-230.

Parasuraman et al. Responsibilitas dalam Zeinthaml dan Bitner 1996 hal 118.

Ruky, Ahmad. 2004. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Utama

Revianto. 2014:11. Pengertian Efektivitas dalam dosenpendidikan.co.id diakses 04-02-2020

Suprihanto, John. 2004. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: STIE YKPN hal 77.

Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi, Erlangga. Jakarta: Stoner, James, A.F., 1986. Alih Bahasa : Gunawan Hutauruk, Manajemen Jilid II, Erlangga, Jakarta.

Wibowo. 2013: 7 dalam Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi mengeloola karyawan oleh Arif Yusuf Hamali, CAPS(Center for Academic Publishing Service) 2016.

Wirawan (2012;7-8) dalam Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi mengeloola karyawan oleh Arif Yusuf Hamali, CAPS(Center for Academic Publishing Service)2016 hal 7 , 11, 99.

Wibowo. 2015. Perilaku Dalam Organisasi edisi ke 2. Jakarta: Rajawali Pers.hal.78.

Zeithaml,loc.cit., hal 29 (1990) dalam Dr. H. Zaenal Mukarom, M.Si Muhibudin Wijaya Laksana. hal 126.

Jurnal

Sella Rizky Asyila, Nina Widowati, Maesaroh Maesaroh, 2018. Analisis Kinerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam upaya pengembangan obyek wisata KarimunJawa. Semarang Ejournal3.undip.ac.id Volume7,Nomer4, Tahun 2018/Asilya , DOI: 10.14710/jppmr.v&.14.22036

Siti Noor Hidayati, Syamyudi Syamyudi, Juni 2017. Analisis Kinerja Pegawai guna Menunjang Kinerja Organisasi dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat. Bandung Jurnal Maksipreneur Manajemen Koperasi dan Entrepeneurship. Volume 6,Nomer2:65 Tahun 2017, DOI: 10.30588/jmp.v6i2.303

Haidir, 2013. Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.e-journal Katalogis. Volume I Nomor 2,Februari 2013 ISSN; 2302-2019.


Website

https://m.goriau.com/berita/baca/mencutnya-kasus-penganiayaan-anak-di-panti-asuhan-tunas-bangsa-pekanbaru-komisi-viii-dpr-ri-direncanakan-tiba-di-kota-bertuah-esok-esok.html

https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/11/30/dp3a-berikan-perlindungan-kepada-pelajar-korban-perlindungan-di-pekanbaru#stsash.oe8enl9v.dpbs

https://m.goriau.com/berita/baca/sadis-bocah-11-tahun-di-pekanbaruu-dianiaya-pengasuhnya-sampai-babak-belur-dan-ditemukan-di-kandang-ayam.html

https://m.goriau.com/berita/baca/4-bocah-yang-disuruh-ngemis-ngemis-oleh-orangtua-akhirnya-dievakuasi-ke-rumah-trauma-centre.html
https://www.goriau.com/berita/baca/makimaki-dan-dorong-suami-kepala-wanita-di-pekanbaru-dibacok-4-kali-pakai-sabit.html

https://m.goriau.com/berita/baca/pergi-malam-pulang-pagi-bocah-sd-di-pekanbaru-mengaku-disetubuhi-teman-mama.html)

https://jalinankata.wordpress.com/2015/11/18/tehnik-analisis-data-kualitatif/diakses
Published
2021-02-27
How to Cite
Disya Anggreni Manurung, & Harapan Tua Ricky Freddy Simanjuntak. (2021). Kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru. Jurnal Niara, 14(2), 126-134. https://doi.org/10.31849/niara.v14i2.5607
Section
Articles
Abstract viewed = 1032 times
PDF downloaded = 1114 times