Pengaruh Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019-2020

  • Ringga Febri Ananda Universitas Andalas
  • Bakaruddin Rosyidi Universitas Andalas
  • Aidinil Zetra Universitas Andalas
Keywords: Implementasi Kebijakan, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019-2020.Teori yang digunakan sebagai pijakan adalah Teori Implementasi Kebijakan Charles O. Jones.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penjelasan (explanatory research).Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data disajikan dalam bentuk tabulasi silang dan pengujian hipotesis meggunakan teknik korelasi Kendall Tau. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Variabel X memiliki hubungan positif terhadap Variabel Y. Dengan keeratan hubungan sebesar 0,899 Organisasi, 0,903 Interpretasi, 0,989 Penerapan serta koefisien korelasi dinyatakan positif signifikan. Ini artinya jika Variabel X meningkat maka Variabel Y akan ikut meningkat. Sehingga dinyatakan bahwa Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 memiliki hubungan sekaligus pengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019-2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ali, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

[2] Agustino, Leo. 2016. Dasar- Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

[3] Boediono. 1999. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

[4] Budiati, Lilin. 2012. Good Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.Bogor: Ghalia Indonesia.

[5] Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

[6] Dwijowijoto, Riant Nugroho. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi danEvaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

[7] Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melayani Publik.Yogyakarta: Gadjah Mada University.

[8] Gaffar,Afan.2009.Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[9] Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World. New Jersey: Princeton University Press.

[10] Harun, Rasyid A. 1997. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

[11] Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

[12] HAW, Widjaja. 2004. Otonomi Desa.Jakarta: Rajawali Pers.

[13] Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.Mulyadi.2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta:Salemba Empat.

[14] Osborne, David & Ted Gaebler. 1992. Reinventing Government: How The Entrepreneur Spirit is Transforming The Public Service, Terjemahan: Mewirausahakan Birokrasi Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik. Alih Bahasa Abdul Rosyid dan Ramelan. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

[15] Prasetyo, Bambang& Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian. Kuantitatif.(Teori danAplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

[16] Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

[17] Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi Spss Pada Statistic Non Parametrik.Jakarta: Eles Media Komputindo.

[18] Sedarmayanti. 2012. Good governance Dalam Rangka Otonomi Daerah.Bandung: Mandar Maju.

[19] Sinambela, Poltak Lijan., dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

[20] Singarimbun, Masri& Sofyan Effendi. 1995.Metode Penelitian Survei.Jakarta:LP3S.

[21] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.

[22]Sugiarto., dkk. 2003. Teknik Sampling.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[23] Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung, 2006, hlm. 237.

[24] Sujarweni, Wiratna V. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

[25] Thoha, Miftah. 2003. Birokrasi Pemerintah dan Kekuasaan di Indonesia.Yogyakarta: Thafa Media.

[26] Thoha, Miftah. 1995. Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Grafindo Persada.

[27] Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa edisi pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

[28] Yamin, Sofyan & Heri Kurniawan. 2014. SPSS Complete (Teknik Analsis Statistik Terlengkapdengan Software SPSS). Jakarta: Salemba Infotek.
Published
2021-05-01
How to Cite
Ananda, R. F., Rosyidi, B., & Zetra, A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019-2020. Jurnal Niara, 14(1), 149-160. https://doi.org/10.31849/niara.v14i1.5978
Section
Articles
Abstract viewed = 538 times
PDF downloaded = 1039 times