Pengaruh Pelatihan Manajemen Penyuluhan Terhadap Kinerja Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Di Sumatera Barat

  • Rinofi UPTD Balai Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Sumatera Barat
  • Eva Manjas UPTD Balai Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Sumatera Barat
Keywords: Pelatihan, Kinerja THL-TBPP.

Abstract

Pada tahun 2019, jumlah THL-TBPP di Sumatera Barat adalah sebanyak 536 orang yang terbagi atas THL-TBPP dari dana APBN sebanyak 399 orang dan dana APBD sebanyak 137 orang. Dalam rangka meningkatkan kinerja penyuluh dalam melaksanakan program penyuluhan, diperlukan upaya peningkatan kompetensi penyuluh THL-TBPP, salah satunya dapat diperoleh melalui pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pelatihan terhadap kinerja Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) di Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan manajemen penyuluh THL-TBPP pada aspek materi diklat, fasilitator, dan penyelenggaraan diklat telah terlaksana dengan sangat baik. Kinerja penyuluh THL-TBPP mulai dari persiapan penyuluhan, pelaksanaan penyuluhan, hingga evaluasi dan pelaporan sangat tinggi di mana penyuluh THL-TBPP melaksanakan semua pekerjaan tersebut dengan sangat baik. Pelatihan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga memenuhi syarat menjadi variabel pendukung kinerja penyuluh. Hal ini berarti bahwa jika kinerja penyuluh THL-TBPP di Sumatera Barat meningkat, maka hal ini disebabkan salah satunya oleh pelatihan yang dilaksanakan. Saran terhadap penelitian ini adalah agar pelatihan yang diselenggarakan untuk penyuluh THL-TBPP dapat terus dipertahankan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Selanjutnya, dalam upaya peningkatan kinerja penyuluh THL-TBPP, perhatian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan penyuluh agar dapat terus dipertahankan oleh pemangku kebijakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifianto, S., Satmoko, S., dan Setiawan, B.M. (2017). Pengaruh Karakteristik Penyuluh, Kondisi Kerja, Motivasi terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian dan pada Perilaku Petani Padi di Kabupaten Rembang. Agrisocionomics. 1(2): 166-180.

[2] Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

[3] Creswell, JW. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta ID: Pustaka Belajar.

[4] Dessler, Gary. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

[5] Elizar, Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap KinerjaPegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 1(1): 46-58.

[6] Gallerman, Soul W. (1984). Terjemahan Soepomo S. Wardoyo. Motivasi dan Produktivitas. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

[7] Gomes, Faustino Cardoso. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keempat. Yogyakarta. Penerbit Andi.

[8] Hamzah, I. (2011). Faktor Penentu Kinerja Penyuluh Pertanian di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Tesis. Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

[9] Handoko, T. Hani (2007). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Konsensus.

[10] Handoko, T. Hani (2001). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

[11] Hartanto, Hendriani, S, Maulida, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kondisi Kerja, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. 10(2): 226-241.

[12] Hasibuan, Melayu SP. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gunung Agung.

[13] Helmy, Z., Sumardjo, Purnaningsih, N., Tjitropranoto, P. (2013). Hubungan Kompetensi Penyuluh dengan Karakteristik Pribadi, Persepsi Penyuluh.
Published
2021-05-01
How to Cite
Rinofi, & Manjas, E. (2021). Pengaruh Pelatihan Manajemen Penyuluhan Terhadap Kinerja Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Di Sumatera Barat. Jurnal Niara, 14(1), 161-168. https://doi.org/10.31849/niara.v14i1.5979
Section
Articles
Abstract viewed = 552 times
PDF downloaded = 1191 times