Analisis Strategi Bersaing Pada Indonesian Creative School Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing sekolah yang berbasis kurikulum internasional yaitu Indonesian Creative School yang berada di kota Pekanbaru. Dalam perkembangannya hal ini digunakan untuk memperoleh strategi dalam menghadapi persiangan bisnis pendidikan di kota Pekanbaru karena semakin banyak munculnya pesaingan yang memiliki program yag sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mennggunakan konsep analisis SWOT yang sebelumnya melalui perhitungan matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks IE. Menggunakan factor lingkungan internal dan lingkungan eksternal seperti manajeman kebijakan, mutu pendidikan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan fasilitas sebagai acuan mendapatkan startegi bersaing yang teapat. Berdasarkan analisis pada tahap masukan, matriks IFE menghasilkan total skor sebesar 3,20 (posisi internal kuat), matriks EFE menghasilkan total skor sebesar 3,00 (posisi eksternal tinggi), matriks SWOT menghasilkan 7 alternatif strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha dan matriks IE menghasilkan 3 alternatif strategi bersaing, yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, dan strategi pengembangan produk.
Downloads
References
Arikunto, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta,
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Keempat. Jakarta. Rineka Cipta.
Alma, Buchari. 2008. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Predana Media Group.
Cravens, David W, 1994. Manajemen Strategis. Jakarta: Erlangga.
David, Fred R. 2006. Strategic Management, Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.
Fahmi, Irfam. 2015. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Cv Alfabeta.
Freddy, Rangkuti. 1998. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia
Hariadi, Bambang.2005. Strategi Manajemen: Strategi Memenangkan Perang Bisnis. Malang: Bayumedia Publishing.
Hitt, Michael A. 2002. Manajemen Strategis: Daya Saing dan Globalisasi, Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Ibid. 2009.
Izhar Oplatka & Jane Hemsley-Brown. Universities In A Competitive Global Marketplace: A Systematic Review Of The Literature On Higher Education Marketing. Journal of Public Sektor Management. (Internet). (diunduh pada 2019 November 24) https://www.researchgate.net/journal/0951-3558_International_Journal_of_Public_Sector_Management.
Irianto, Yoyon Bahtiar. Prihatin, Eka. Pemasaran Pendidikan. Manajemen Pendidikan. Bandung: Tim Dosen Adminstrasi Pendidikan UPI, 2009
Jatmiko, RD. 2003. Manajemen Stratejik. Malang : Penerbitan Universitas Muhammadiyah
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kristanto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional, sebuah pendekatan strategi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Liu, Jiahui; Wang, Jing; An, Shuo; Wang, Wenxing; and Wang, Yiwei, "Marketing Strategy of School of Professional Studies in China". Journal of Profesional Study [Internet]. [diunduh 2019 November 24] https://commons.clarku.edu/sps_masters_papers.
Magretta, Joan. 2012. Understanding Michael Porter, Panduan Paling Penting tentang Kompetisi dan Strategi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Mangkupwira, T.B. Sjafri. 2004. Manajemen SDM Strategik. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.
Pearce & Robinson. 2008. Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.
Porter, E. Michael. 1994. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Binarupa Aksara.
.................................... 1993. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta : Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama