Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Dharmasraya

  • farid lham pernanda universitas andalas
Keywords: Reformasi, Birokrasi, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dimana reformasi birokrasi adalah langkah starategis untuk membangun aparatur sipil negara agar lebih berkualitas dalam mengemban tugas umum pemerintahan, sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat baik berupa barang atau jasa sesuai dengan standar dan peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Reformasi Birokrasi Pada Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya, untuk mengetahui kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan  menggunakan data primer dan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan publik pada Dinas Dukcapil Kabupaten Dharmasraya dibeberapa waktu sudah seperti yang diharapkan ditinjau dari capaian-capaian atau inovasi yang dilakukan, namun masalahnya, kualitas pelayanan tidak bersifat berkelanjutan atau hanya sementara disebabkan komitmen para petugas dan kepala daerah yang belum membaja sehingga belum mencapai tujuan reformasi birokrasi yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrial, R. (2008). Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Sebuah Perubahan Kedudukan dan Fungsi Camat Sebagai Perangkat Daerah. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Indonesiai.
Afrisal. (2009). Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau Dari Aspek Reformasi Birokrasi (Studi Kasus Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sikka). Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, Volume 16,. http://journal.ui.ac.id/jbb/article/viewFile/609/594
Anwaruddin, A. (2003). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Reformasi Birokrasi Oleh : Pendahuluan Kondisi Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi, 6, 15–34.
Josef kurniawan Kairupan. (2015). Pengaruh reformasi birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administasi Publik.
Riko Riyanda. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATAM. Jurnal Niara, 9, No. 2 J(P-ISSN 1693-3516 | E-ISSN 2528-7575), Hal. 92-101.
Samin. (2011). Reformasi Birokras. Jurnal FISIP UMRAH, Vol 2 No., 1–9.
Yusriadi1 & Misnawati. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Pascasarjana, Universitas Hasanuddin, Makassar, 7 Nomor 2(2086–6364, e-ISSN: 2549-7499).
Published
2022-05-01
How to Cite
farid lham pernanda. (2022). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Niara, 15(1), 47-53. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.8297
Section
Articles
Abstract viewed = 1339 times
PDF downloaded = 1355 times