Implementasi Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2018 Pada Sekretariat Daerah Kota Dumai

  • Rudi Iskandar Universitas Riau
Keywords: : reformasi birokrasi; implementasi kebijakan; pengembangan kompetensi.

Abstract

Reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara,  dalam rangka mendukung percepatan reformasi birokrasi pemerintah menerbitkan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Untuk menjalankan perannya sebagai pelayanan publik, perekat persatuan bangsa dan pelaksana kebijakan publik, setiap aparatur sipil negara berhak mendapatkan pengembangan kompetensi. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan kinerja aparatur sipil negara yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peraturan Lembaga Administrasi Negara nomor 10 Tahun 2018 tentang pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil pada Sekretariat Daerah Kota Dumai yang dilakukan melalui tahapan: penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi; Pelaksanaan pengembangan kompetensi; dan evaluasi pengembangan kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat deskriptif. Fokus penelitian ini menekankan pada model implementasi Edward III yang meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil pada Sekretariat Daerah Kota Dumai belum dilaksanakan secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifin Tahir (2014). Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

[2] Awan Y. Abdoellah, Yudi Rusfiana (2016). Teori & Analisis Kebijakan Publik. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

[3] Dunn, N., William, (1994). Public Policy Analysis: An Introduction. Edisi Ke-2, Engelwood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc., A Simon & Schuster Co., Terjemahan dari Gadjah Mada University Press, Yogjakarta.

[4] Erwan Agus Purwanto, Dyah Ratih Sulistyastuti (2015). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

[5] Faried Ali, Andi Syamsu Alam (2012). Studi Kebijakan Pemerintah. Cetakan Kesatu. Bandung: Refika Aditama.

[6] Leo Agustino (2020). Dasar-dasar Kebijakan Publik (Edisi Revisi ke-2). Bandung: CV. Alfabeta

[7] Moeheriono (2020). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Cetakan Ke-2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

[8] Moleong, Lexy J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

[9] Parson, Wayne (2006). Public Policy, Pengantar Teori dan Praktek Analisis Kebijakan, Jakarta: Kencana.

[10] Riant Nugroho (2009). Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

[11] Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil). Bandung: PT. Refika Aditama.

[12] Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Pustaka Fajar

[13] Sudarmanto (2019). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[14] Sugiyono (2013). Metode Penelitian Manajemen.Bandung: CV. Alfabeta.

[15] Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

[16] Suwatno, Donni Juni Priansa (2018). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

[17] Zuchri Abdussamad (2016). Kompetensi Aparat Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Published
2022-05-01
How to Cite
Rudi Iskandar. (2022). Implementasi Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2018 Pada Sekretariat Daerah Kota Dumai. Jurnal Niara, 15(1), 154-165. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.9495
Section
Articles
Abstract viewed = 317 times
PDF downloaded = 410 times