Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas B sebanyak 2 anak di TK Amarta Tani Bandarlampung yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran mengenal huruf. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dibuktikan dengan catatan anekdot dan dokumentasi. Sumber data: guru, orang tua, dan anak. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan didapatkan data faktor yang menyebabkan anak kesulitan mengenal huruf berasal dari faktor internal dan eksternal yang meliputi rendahnya minat dan semangat belajar anak, kurang lengkapnya penyediaan media pembelajaran, dan kurang intensnya keikutsertaan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.
Downloads
References
Anderson, R. H. (2003). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Grafindo Pers.
Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1).
Daryanto. (2012). Belajar dan Mengajar. In Education.
Hainstock, E. G. (2002). Montessori untuk Anak Prasekolah. Pustaka Delaprasta.
Maimunah Hasan. (2009). PAUD :(Pendidikan anak usia dini) (10th ed.). DIVA Press.
Martini Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif,Asesmen,dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Ghalia Indonesia.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Nuha Litera.
Musfiroh, T. (2009). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Depdiknas.
Nawawi & Martini. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.
Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Situmorang, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication and Technology) Terhadap Perkembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 96–104.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini., Pub. L. No. No 58 Tahun 2009 (2009).
Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256
Shofi, U. (2008). Sayang Belajar Baca Yuk! (Metode Praktis Mengajar Anak Membaca dan Menulis). Indiva Media Kreasi.
Subini, N. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Javalitera.
Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.
Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Prenada Media Group.
Wahyuni, S., Liza, L. O., Syahdan, Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). ‘Treasure hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9(6), e17188. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17188
Wisastro. (1998). Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Copyright (c) 2023 Ulwan Syafrudin, Renti Oktaria, Mila Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.