Meningkatkan Pemahaman Orangtua dan Guru tentang Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Seminar Pendidikan

(Penelitian Tindakan Kelas di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan)

  • Devi Nawang Sasi
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
Keywords: Understanding of parents and teachers, the nature of early childhood education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini melalui kegiatan seminar pendidikan. Sedangkan fokus penelitiannya adalah; (1) Bagaimana gambaran obyektif pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan seminar yang dapat meningkatkan pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini?, (3) Bagaimana pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia setelah mengikuti kegiatan seminar di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu; 1) perencanaan 2) tindakan 3) evaluasi 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu; observasi, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah diadakannya seminar tentang hakikat pendidikan anak usia dini mengalami perubahan atau peningkatan secara bertahap dalam setiap siklusnya. Orang tua dan guru menyadari bahwa pembelajaran yang sesungguhnya di jenjang pendidikan anak usia dini yaitu belajar melalui bermain, sebab anak usia dini adalah masanya bermain, belum mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Rekomendasi ditujukan kepada para guru dan orang tua dalam mengembangkan keterampilan anak usia dini agar dapat berlangsung sesuai ciri anak masing-masing baik dari aspek usia maupun keunikan pribadinya. Adalah sangat ideal bila orang tua dan guru dapat menyediakan alat permainan yang bervariasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Tedjasaputra Mayke, S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. PT Grasindo. Jakarta.
[2] Patmonodewo Soeminarti. 1995. Pendidikan Anak Prasekolah. PT Rineka Cipta. Jakarta.
[3] Al-Bilali Jasim, A.H 2000. Seni Mendidik Anak. Al-Itishom Cahaya Umat. Jakarta.
[4] Masitoh, 2001. Dasar –dasar Pembelajaran Anak Usia Prasekolah (Makalah). Jakarta.
[5] Bursteln Joseph, A. 2000. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Mitra Umum. Jakarta.
[6] Hasan Maimunah. 2001. Membangun Kreatifitas Anak Secara Islam. Bintang Cemerlang. Yogyakarta.
Published
2019-10-31
How to Cite
Devi Nawang Sasi, & Syafrudin, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orangtua dan Guru tentang Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Seminar Pendidikan : (Penelitian Tindakan Kelas di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan) . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 29-34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3340
Abstract viewed = 1596 times
PDF downloaded = 1303 times