Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang menyangkut seluruh aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani, motorik, akal pikir emosional dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini akan membahas tentang Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Berdasarkan hasil analisis data survey yaitu angket dan wawancara. tahun sedangkan 40% tidak mengatakan demikian.
Downloads
References
Ackerman, Peggy T., & Roscoe A. Dykman. (2015). Reading‐disabled students with and without comorbid arithmetic, disability. In Developmental Neuropsychology. http://dx.doi.org/10.1080/87565649509540625
Asiah, Nur. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar . Vol. 5. No. 1 Juni 2018 p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Karimah, Puji Akhlaqul. (2014). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Desa Ngasinan Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Koppenhaver, David A., Deborah A. Evans, and David E. Yoder. (1991). Childhood Reading and Writing Experiences of Literate Adults with Severe Speech and Motor Impairments. In Augmentative and Alternative Communication. https://doi.org/10.1080/07434619112331275653.
Lestari, Mareta Indah. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika Ix-35 Jember. Skripsi. Universitas Jember.
Lin, Qiuyan. (2014). Multicultural visions in early reading classrooms: Implications for early childhood teacher educators. In Journal of Early Childhood Teacher Education. http://dx.doi.org/10.1080/1090102050250307
Mæland, Annlaug Flem.,& Nils S⊘vik. (2015). Children with motor coordination problems and learning disabilities in reading, spelling, writing and arithmetic. In European Journal of Special Needs Education. http://dx.doi.org/10.1080/0885625930080201
Marlisa, Lusi. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 3. Unversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Murti, Puri Karya. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Calistung Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok A Tk Yaa Bunayya Banjarbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari.
Nasir, Amir. (2018). Polemik Calistung Untuk Anak Usia Dini (Telaah Konsep Development Approriate Practice). Jurnal Calistung. Vol. 6. No. 2. IAIN Kudus Jawa Tengah.
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Pratiwi, Dea Sita., Ajeng Ayu Widiastuti & Maria Melita Rahardjo. (2018). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan Rw 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya. Vol. 34. No. 1. Universitas Kristen Satya Wacana.
Rahayu, Nina. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Journal Of Islamic Early Childhood Education. Vol. 1 .No. 2. http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922. Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 .No. 1. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Yulianto, Wahyudi Slame., & Lutfatulatifah. (2017). Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 1. No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia.
Zee, Marjolein., & Elise de Bree. (2016). Students’ self-regulation and achievement in basic reading and math skills: the role of student–teacher relationships in middle childhood. In European Journal of Developmental Psychology. https://doi.org/10.1080/17405629.2016.1196587
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.