Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun

  • Dian Pertiwi universitas lampung - PGPAUD
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
  • Rizky Drupadi Universitas Lampung
Keywords: calistung, persepsi orang tua, pendidikan anak usia dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang menyangkut seluruh aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani, motorik, akal pikir emosional dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini akan membahas tentang Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Berdasarkan hasil analisis data survey yaitu angket dan wawancara. tahun sedangkan 40% tidak mengatakan demikian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackerman, Peggy T., & Roscoe A. Dykman. (2015). Reading‐disabled students with and without comorbid arithmetic, disability. In Developmental Neuropsychology. http://dx.doi.org/10.1080/87565649509540625

Asiah, Nur. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar . Vol. 5. No. 1 Juni 2018 p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Karimah, Puji Akhlaqul. (2014). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Desa Ngasinan Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Koppenhaver, David A., Deborah A. Evans, and David E. Yoder. (1991). Childhood Reading and Writing Experiences of Literate Adults with Severe Speech and Motor Impairments. In Augmentative and Alternative Communication. https://doi.org/10.1080/07434619112331275653.

Lestari, Mareta Indah. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika Ix-35 Jember. Skripsi. Universitas Jember.

Lin, Qiuyan. (2014). Multicultural visions in early reading classrooms: Implications for early childhood teacher educators. In Journal of Early Childhood Teacher Education. http://dx.doi.org/10.1080/1090102050250307

Mæland, Annlaug Flem.,& Nils S⊘vik. (2015). Children with motor coordination problems and learning disabilities in reading, spelling, writing and arithmetic. In European Journal of Special Needs Education. http://dx.doi.org/10.1080/0885625930080201

Marlisa, Lusi. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 3. Unversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Murti, Puri Karya. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Calistung Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok A Tk Yaa Bunayya Banjarbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari.

Nasir, Amir. (2018). Polemik Calistung Untuk Anak Usia Dini (Telaah Konsep Development Approriate Practice). Jurnal Calistung. Vol. 6. No. 2. IAIN Kudus Jawa Tengah.

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Pratiwi, Dea Sita., Ajeng Ayu Widiastuti & Maria Melita Rahardjo. (2018). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan Rw 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya. Vol. 34. No. 1. Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahayu, Nina. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Journal Of Islamic Early Childhood Education. Vol. 1 .No. 2. http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922. Institut Agama Islam Negeri Langsa.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 .No. 1. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Yulianto, Wahyudi Slame., & Lutfatulatifah. (2017). Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol. 1. No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zee, Marjolein., & Elise de Bree. (2016). Students’ self-regulation and achievement in basic reading and math skills: the role of student–teacher relationships in middle childhood. In European Journal of Developmental Psychology. https://doi.org/10.1080/17405629.2016.1196587

Published
2021-04-14
How to Cite
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62-69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Abstract viewed = 2138 times
Pdf downloaded = 0 times