Pengelolaan Kelas pada Model Pembelajaran Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al- Mahira
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif Korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Al- Mahira. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling dengan jumlah 30 Anak. Variabel penelitian terdiri dari variabel X (pengelolaan kelas) dan Y (model pembelajaran kelompok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket berupa abjad atau a, b dan c dalam setiap gambar kepada siswa sebagai responden. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 23 diperoleh signifikan sebesar 0,072. Dengan demikian Ha yang menyatakan adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok ditolak dan sebaliknya Ho yang menyatakan tidak adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Artinya, model pembelajaran kelompok yang baik belum tentu pengelolaan kelasnya kurang menarik dan sebaliknya model pembelajaran kelompok yang kurang baik belum tentu pengelolaan kelasnya menarik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, I. N., & Estiastuti, A. (2017). Keterampilan Guru Dalam Pengelolahan Kelas Rendah Pada Pembelajaran Tematik di SD. Joyful Learning Journal. https://doi.org/2252-6366
Azwar, S. (2011). Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diana, M. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. In بیماریهای داخلی.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta:Rineka Cipta.
Filtri, H. (2017). PERKEMBANGANEMOSIONAL ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI IBU YANG BEKERJA Title. PAUD Lectura: Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini.
Maryatun, I. B. (2009). Permendiknas no. 58 tahun 2009. 58.
Prapsiwi, D. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali). Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.1093/brain/awt103
Rufaida, S., & Sujiono, E. H. (2013). Pengaruh model pembelajaran dan pengetahuan awalterhadap kemampuan memecahkan masalah fisikapeserta didik kelas xi IPA man 2 model Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2718
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.
Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898
Wahyuni, S., & Reswita. (2018). Low-income Family Environment: Subjective Well-Being and Children Learning Motivation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175, 012103. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012103
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351
Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.