Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini

  • Yesi Novitasari Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Suci Romadayani Universitas Lancang Kuning
Keywords: Bahasa Inggris Awal, Metode Total Physical Response

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris awal anak melalui metode total physical response (TPR) di kelas B Al-Rasyid 2. Bahasa inggris awal anak dapat ditingkatkan sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode total physical response, pengumpulan data dimulai dari observasi teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa inggris awal anak meningkat setelah diberi tindakan yang sesuai dengan metode TPR. Nilai persentase pada pra siklus mencapai 32% dengan kriteria Belum Berkembang (BB), pada siklus 1 nilai persentase sebesar rata-rata mencapai 66% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 86% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sedangkan target keberhasilan penelitian ini adalah 80% dengan demikian kemampuan bahasa inggris awal dapat ditingkatkan melalui metode TPR.
Kata Kunci : Bahasa Inggris Awal, Metode Total Physical Response


Abstract
This research have a puspose to improve children's early English skills using the total physical response method in class B Al-Rasyid 2. Children's early English can be improved from an early age. This research is a classroom action research with research subjects are 10 children. The independent variable of this research is the total physical response method of data collection starting from the observation of data analysis techniques done in quantitative descriptive. The results showed that children's early English language skills improved after being given an action in accordance with the Total Physical Response method. The percentage value in the pre-cycle reaches 32% with the criteria of Not Developing in cycle 1 the percentage value is on average reaches 66% with the criteria of Starting to Develop and has increased in cycle 2 by 86% with the criteria of Very Good Developing while the target of the success of this research is 80% so that the initial English language skills can be improved using the total physical response method.
Keywords: Early English, Total Physical Response

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2004). Karangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008) Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Pendidikan Dapertemen Pendidikan Nasional.

Mustafa. (2007). Buku Pendidikan Anak Usia Dini, Unpublish.Sukarta.

Madya. (2011). Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Novitasari, Y., Bastian, A., & Putri, A. A. (2019). Analisis Pengembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 111-118.

Permendikbud Nomor 137 Tahun (2014), (2014) Salinan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Penny.(2008). Metode TPR, http://www.sekolahoke.com/2013/02/Apa.Yang Dimaksud.Total.Physical.Response.Dalam.pembelajaran.Bahasa.inggris.html

Riyanto. (2015) The Practice of Teaching English Panduan Praktis Mengajar Bahasa Inggris dengan Kreatif di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Racmawati, R. (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Taman Kanak-kanak TK/PG Darul Hikam Bandung. Diakses Dari: http:// repository.upi.edu.

Santrock &John W. (2007). Child Development, Taxas: McGraw-Hill.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Setiyadi, Bambang, (2006). Teaching English As A Foreign Language. Jakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun (2003)Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wassid, I. (2009). Strategi Pembelajaran Membaca. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2020-04-10
How to Cite
Novitasari, Y., Sri Wahyuni, & Suci Romadayani. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 19-27. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3852
Abstract viewed = 782 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)