Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di PAUD Nurjannah Kecamatan Tenayan Raya pada tanggal 18 Juli 2018 bahwa dari 15 anak terdapat 9 orang anak belum memiliki kemampuan yang optimal dalam mengenal konsep bilangan. Hal ini terlihat dalam membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda), menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda, dan dan mengelompokkan benda menurut warna, anak masih terbalik dalam menuliskan beberapa lambang bilangan. Anak masih melakukan kesalahan dalam menunjuk lambang bilangan 1-10. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah dengan bermain kartu domino dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Nurjannah. Untuk mengetahui berapa besar peningkatan bermain kartu domino dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Nurjannah. Dari analisis data diatas diketahui terjadi kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di Paud Nurjannah Kecamatan Tenayan Raya meningkat setelah dilaksanakan tindakan penelitian melalui permainan kartu domino untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang dilakukan pada tahapan pra siklus memiliki angka rata-rata sebesar 36,11% masuk dalam kategori Belum Berkembang (BB). Pada siklus I angka rata-rata mencapai 50,18% masuk dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan pada kegiatan siklus II memperoleh angka rata-rata sebesar 76,1% berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)
Downloads
References
[2] Broadhead, P. 2017. Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks.
[3] Britton, L. 2018. Montessori Play And Learn. Yogyakarta : Bentang Angkasa.
[4] Ismail, A. 2006. Education Games “ Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Educatif”. Yogyakarta: Pilar Media.
[5] Paramitha, VD. 2017. Jatuh Hati Pada Montesori. Yogyakarta : Bentang Pustaka.
[6] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58. 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
[7] Peraturan mentri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 146. 2014. Kurikulum Pembelajaran naka Usia Dini.
[8] Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
[9] Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : Andi.
[10] Yus, A. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.