Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Matahari Palembang
Kiki Safitri, Taty Fauzi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai dampak pembelajaran daring selama masa pandemi Covid- 19. Masalah yang muncul di lapangan tidak hanya masalah fisik tetapi juga masalah pskhis peserta. Dalam penelitian ini digunakan dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian temuan menunjukkan bahwa: 1) Sebagian besar orang tua mengalami masalah dalam upaya mendampingi anak dalam proses pembelajaran dengan alasan waktu yang tidak tepat karena karena pada waktu yang bersamaan orang tua harus bekerja melalui on line juga, 2) anak merasa bosan, menghadapi kamera (Laptop atau Handphone karena tidak bebas bergerak, 3) tidak fokus selama mengikuti pembelajaran dengan guru karena anak sibuk dengan mainan yang ia miliki sehingga interaksi sosial guru, anak tidak intensitasnya kurang,4) Interaksi anak dengan anak tidak terjalin dan sikap kooperatif di sesi daring tidak munculnya.
Downloads
References
Al-Fahad, R., Yeasin, M., Glass, J. O., Conklin, H. M., Jacola, L. M., & Reddick, W. E. (2019). Early Imaging-Based Predictive Modeling of Cognitive Performance Following Therapy for Childhood ALL. IEEE Access, 7, 146662–146674. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2946240
Alfaruuqi, M. F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Psikis Anak Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam SDN 01 Girimulya Bengkulu Utara. 6.
Alzubi, T., Fernández, R., Flores, J., Duran, M., & Cotos, J. M. (2018). Improving the Working Memory During Early Childhood Education Through the Use of an Interactive Gesture Game-Based Learning Approach. IEEE Access, 6, 53998–54009. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2870575
Andayani, Trisni, A. F. & D. A. (2020). Pengantar Sosiologi. Medan:Yayasan Kita Menulis.
Fauzi, T. & B. I. U. (2019). Psikologi Perkembangan. Tangerang:Tira Smart.
K, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah:Lutfi Gilang.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo:Zifatama Publisher.
Maria, I. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi COVID 19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 35–48.
Muhammad. (2020). Dampak Penyebaran Covid 19 di Dunia.
Natalina, D. & G. G. (2019). Komunikasi dalam PAUD. Tasikmalaya:Ksatria Siliwangi.
Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011
Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253
Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110
Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah:CV Sarnu Untung.
Putro, Khamim, dkk. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140.
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61.
Siyoto, S. & A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Sonia, G. (2020). Dampak Libur Selama Belajar Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Psikologis Anak Sekolah Dasar.
Copyright (c) 2021 Kiki Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.