Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Matahari Palembang

Kiki Safitri, Taty Fauzi

  • Kiki Safitri Universitas PGRI Palembang
  • Taty Fauzi Universitas PGRI Palembang
  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang
Keywords: Dampak; Pembelajaran Daring; Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai dampak pembelajaran daring selama masa pandemi Covid- 19. Masalah yang muncul di lapangan tidak hanya masalah fisik tetapi juga masalah pskhis peserta. Dalam penelitian ini digunakan  dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan  melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian temuan menunjukkan bahwa: 1) Sebagian besar orang tua mengalami masalah dalam upaya mendampingi anak dalam proses pembelajaran dengan alasan waktu yang tidak tepat karena karena pada waktu yang bersamaan orang tua harus bekerja melalui on line juga, 2) anak   merasa bosan, menghadapi kamera (Laptop atau Handphone karena tidak bebas bergerak, 3) tidak  fokus selama mengikuti pembelajaran dengan guru karena anak sibuk dengan mainan yang ia miliki sehingga interaksi sosial guru, anak tidak intensitasnya kurang,4) Interaksi anak dengan anak tidak terjalin dan sikap kooperatif di sesi daring tidak munculnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Fahad, R., Yeasin, M., Glass, J. O., Conklin, H. M., Jacola, L. M., & Reddick, W. E. (2019). Early Imaging-Based Predictive Modeling of Cognitive Performance Following Therapy for Childhood ALL. IEEE Access, 7, 146662–146674. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2946240

Alfaruuqi, M. F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Psikis Anak Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam SDN 01 Girimulya Bengkulu Utara. 6.

Alzubi, T., Fernández, R., Flores, J., Duran, M., & Cotos, J. M. (2018). Improving the Working Memory During Early Childhood Education Through the Use of an Interactive Gesture Game-Based Learning Approach. IEEE Access, 6, 53998–54009. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2870575

Andayani, Trisni, A. F. & D. A. (2020). Pengantar Sosiologi. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Fauzi, T. & B. I. U. (2019). Psikologi Perkembangan. Tangerang:Tira Smart.

K, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah:Lutfi Gilang.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo:Zifatama Publisher.

Maria, I. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi COVID 19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 35–48.

Muhammad. (2020). Dampak Penyebaran Covid 19 di Dunia.

Natalina, D. & G. G. (2019). Komunikasi dalam PAUD. Tasikmalaya:Ksatria Siliwangi.

Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011

Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253

Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110

Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah:CV Sarnu Untung.

Putro, Khamim, dkk. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61.

Siyoto, S. & A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Sonia, G. (2020). Dampak Libur Selama Belajar Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Psikologis Anak Sekolah Dasar.

Published
2021-11-17
How to Cite
Safitri, K., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Matahari Palembang: Kiki Safitri, Taty Fauzi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 143-152. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.8116
Abstract viewed = 1856 times
Pdf downloaded = 0 times