Kegiatan Bermain Usap Abur dalam Mengembangkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini

  • Windari Despa Risca Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain usap abur dalam mengembangkan motorik halus pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design, dengan memberikan treatment berupa kegiatan bermain usap abur pada anak. Kemudian membandingkan motorik halus pada anak sebelum dan sesudah diberi kegiatan bermain usap abur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 dengan berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji statistika dengan rumus uji-t. Dan hasil penelitian menunjukkan perhitungan uji-t dengan taraf signifikan ( ) 0,05 dan dk = 16-1=15 diperoleh thitung 13,26. Dengan demikian diperoleh thitung> ttabel  atau 13,26 > 1,746 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain usap abur berpengaruh terhadap mengembangkan motorik halus pada anak kelompok B (5-6Tahun) di TK Aisyiyah 2 Palembang diterima kebenarannya.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of playing swab in developing fine motor skills in group B children  at Aisyiyah 2 Kindergarten Palembang. The research method used in this study is pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design, by providing treatment in the form of playful usap abur activities for children. Then compare the fine motor skills of children before and after being given a blurry play activity. The sample used in this study was group B3 children with a total of 16 children. The data collection technique was done by using test, documentation and observation techniques. The data analysis technique of this study used statistical tests with the t-test formula. And the results showed that the t-test calculation with a significant level (α) of 0.05 and dk = 16-1=15 obtained tcount of 13.26. Thus obtained tcount > ttable or 13.26 > 1.746 then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the play activities of playing blurry effect on developing fine motor skills in children in group B (5-6 years) in Kindergarten Aisyiyah 2 Palembang is accepted as true.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Andi Agusniatih, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Ardianthi, Ni Made Windi, I.B Surya Manuaba, K. A. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Bentuk dan Krayon Melalui Kegiatan Usap Abur Untuk Miningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B TK Laksana Kumara Denpasar Selatan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 No 1 Tah.

Asni, D. B. P. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM KAIN FLANEL. Riset Golden Age Pendidikan Anak Usia Dini UHO, 2 No 2 Tah.

Awan, V., Pratiwi, S. H., & Ubaidillah, U. (2020). Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah …, 3(2), 112–125. http://103.88.229.8/index.php/al-athfaal/article/view/7202

Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. U. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Farhurohman, O. (2017). Kata Kunci: pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 27–36.

Jahja, Y. (2015). Psokologi Perkembangan. Kencana.

Komang, S. M., I Ketut, A. P., & I Wayan, D. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Usap Abur Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesh, 4(2).

Konstantinus Dua Dhiu, D. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. CV Jejak.

Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., & Pratiwi, D. D. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 57–68. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.6

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Mera Putri Dewi, Neviyarni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII No 1 T.

Misna wati, Dorce Banne Pabunga, A. (2020). Kemampuan Motorik halus Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknis Usap Abur. Amal Pendidikan, 1 No3 Tahu. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/japend.vlil.15828

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Padilah, R. N. (2019). Implementasi Kegiatan Bermain Papercraft dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Paud Lectura, 3 No 1 Tah.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman Abstrak. 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana.

Published
2022-03-29
How to Cite
Windari Despa Risca. (2022). Kegiatan Bermain Usap Abur dalam Mengembangkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 88-96. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8362
Abstract viewed = 233 times
Pdf downloaded = 0 times