Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif

  • Amalia Rizkiani Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Padilah Universitas PGRI Palembang
Keywords: Keterampilan Berbicara, Anak Usia Dini, Bahasa Ekspresif, Children's Speaking Skills, Expressive Language Disorder, early childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gangguan bahasa (bicara) ekspresif yang dialami anak dalam berkomunikasi dengan lingkungannya dan untuk mengetahui apakah ada faktor penyebab gangguan bahasa ekspresif yang dialami oleh anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan di TK Awallia Palembang dengan menggunakan data primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh peneliti dari hasil wawancara derngan guru kelas, orang tua AB, dan informan lainnya.   Sumber data sekunder dari teman satu kelas dan keluarga terdekat serta diperoleh dari dokumentasi atau laporan yang tersimpan di TK Awallia Palembang, berupa data-data anak yang peneliti lakukan. Metode yang digunakan pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode dalam menganalisis data penelitian yaitu reduksi data, data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian didapat hasil penyebab yang dialami oleh anak dengan gangguan bahasa ekspresif yaitu: (1) Faktor kesehatan anak. (2) Kurangnya perhatian orang tua pada perkembangan berbicara anak (3) Pengaruh gadget yang membuat anak malas untuk belajar berberbicara dan lainnya. (4) Keterlambatan dalam perkembangan bahasa

Abstract

This study aims to determine the characteristics of expressive language (speech) disorders experienced by children in communicating with their environment and to find out whether there are factors that cause expressive language disorders experienced by children. This type of research uses a qualitative descriptive approach with a "Case Study" because it describes, describes, describes the state and behavior of the case (object or subject) that will be studied according to what it is. This research uses field research in Awallia Kindergarten Palembang. Primary sources were obtained by researchers from interviews with class teachers, AB's parents, and other informants. Secondary data sources from classmates and closest family and obtained from documentation or reports stored at Awallia Kindergarten Palembang, in the form of children's data that will be researched. The method used to collect research data is through interviews, observation, and documentation. The methods for analyzing research data are data reduction, data display, conclusion drawing/verification. The results showed that the causes experienced by children with expressive language disorders are 1) childre’s helath factors 2) lack of parental attention to children’s speech development 3) the influence of gadgets that make children lazy to learn to speak and others 4) delays in language development.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad. (2021). Stategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligensi. Jawa Tengah: Penerbit Nem

Ambarita Arisandy & Muharto. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Aprioza Amelia & Siti Marsitoh. Metode Aided Language Stimulation Terhadap Komunikasi Ekspresif Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus.

Calista, Rahmah., Pransiska, Rismareni & Yeni, Indra. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Desmariani, Evi. (2019). Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini. Padang: Pustaka Galeri Mandiri

Dibia, I. Ketut. (2018). Apresiasi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Depok: Rajawali

Eliyasni, R., Rahmatina, & Habibi. (2020). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Malang: Literasi Nusantara.

Fitriana, Septi. (2019). Kurangnya Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini 5 Tahun Di Jl. Raden Fatah No 004 Kelurahan Pagar Dewa, Kecamatan, Selebar Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 315.

Gandana, Gilar & Desiani Natalina. (2019). Komunikasi Dalam Paud. Tasikmalaya: Ksatria Silliwangi.

Hasiana Isabella. (2020). Studi Kasus Dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif. Special and Inclusive Education Journal, 60.

Hutahaean, B., Tamba, L., & Genting, A. (2021). Keterampilan Berbicara - 1. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media-Pasuruan.

Jati, Sri Nugroho. (2019). Studi Identifikasi Dini Diagnosa Klinik Problem Seld (Slow Expressive Language Development) Pada Anak Melalui Hasil Vineland Adaptive Behaviour Scale. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1).

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press.

Kurniasari Almi & Ellen Prima. (2020). Penanganan Anak Usia Dini Dengan Gangguan Perkembangan Bahasa Ekspresif Di KB Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal Care Children Advisory Research and Education, 30.

Larasari, A. P., Bachtiar, G. I., & Jaya, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Melalui Lotto Bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 106.

Lubis Hilda Zahra, dkk. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Daring (Studi Inovasi Pendidikan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Medan Di Masa Wabag Covid 19). Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV BUDI UTAMA).

Merdiasi, D., Tiatri, S., & Dewi, F. I. (2017). Penerapan Milieu Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Bahasa. Jurnal Inspiratif Pendidikan .

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslimat, A. F., Lukman, & Hadrawi, M. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolingustik. Jurnal Al - Qiyam.

Mustary, Emilia., Rezawidya, Dwi & Syalvina, Evie. (2021). Penerapan Language Intervention Activities Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini Dengan Gangguan Bahasa. Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII) 1 (1).

Nursita, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman dan Pendidikan.

Prastuti Endang. (2020). Deteksi Hambatan Perkembangan Anak & Remaja: Telaah Literatur Dan Studi Pendahuluan. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi.

Prawoko, Indah dkk. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Keterampilan Kelompok ATK Handayani I Denspasar Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.

Purbaningrum, E., & Rofiah, K. (2020). Bina Bicara Bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Mantasiah., & Yusri. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Maghfiroh, Nuril & Nafi'ah Siti Anisatun. (2020). Analisis Keterlambatan Bahasa Pada Anak (MI Al-Huda Bleber Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo). STAINU Purworejo: Jurnal As Sibyan.

Sudarsana Sigde. (2021). Strategi Menjadikan Anak Di Atas Rata-rata. Jawa Barat: Guepedia

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmawati Bhennita. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. Journal of Special Education.

Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: KENCANA

Tantawi Isma. (2019). Bahasa Indonesia Akademik (Strategi Meneliti dan Menulis). Jakarta: Prenadamedia Group.

Tohardi Ahmad. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial +Plus. Kalimantan Barat: Tanjungpura University Press.

Usman, Muhammad. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Veronica, Nina. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dan Pendidikan Anak Usia Dini,

Wahyu, Afnizar dkk. (2021). Pelayanan Maternal & Neonatal pada Masa Adaptasi "Kebiasaan Hidup Baru". Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sulawesi Selatan : Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2022-03-25
How to Cite
Rizkiani, A., Evia Darmawani, & Padilah. (2022). Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 1-13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149
Abstract viewed = 791 times
Pdf downloaded = 0 times