Penerapan Falsafah Deming di Perpustakaan

  • Anindya Gita P Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: manajemen mutu, manajemen perpustakaan, tokoh manajemen

Abstract

Abstract

Today, the awareness of the importance of developing quality not only in business, but also penetrated in the field of non-profit as a library. Libraries in Indonesia are starting to realize the importance to promote the quality. Proven by the implementation of quality management systems in several libraries in Indonesia, for example, with ISO 9001: 2008 as well as the application of Total Quality Management from Japan. One influential figure in this field is W. Edwards Deming, an American statistician and management consultant. Deming had transformed Japan from the downturn as a result of the second world war into the advanced industrial countries. Deming's famous philosophy of quality that is 14 points the key to successful management. Although the philosophy of quality management is made in the fields of industry, but this theory can be applied also in the field of non-profit as a library. Deming theory concepts can help an organization's library to determine the appropriate steps in achieving quality services.

 

Keyword : Quality Management, Library Management, Management Figures

 

Abstrak

Saat ini kesadaran akan nilai penting mutu berkembang tidak hanya pada bidang bisnis tetapi juga merambah dalam bidang non profit seperti perpustakaan. Perpustakaan di Indonesia mulai menyadari pentingnya untuk mengedepankan mutu. Terbukti dengan adanya penerapan sistem manajemen mutu di beberapa perpustakaan di Indonesia, contohnya dengan ISO 9001:2008 maupun penerapan Total Quality Manajemen yang berasal dari Jepang. Salah satu tokoh yang berpengaruh dalam bidang ini yaitu W. Edwards Deming, seorang ahli statistik Amerika dan konsultan manajemen. Deming telah berhasil merubah kondisi Jepang yang terpuruk akibat dari perang dunia kedua menjadi negara industri yang maju. Falsafah mutu Deming yang terkenal yaitu 14 poin kunci sukses manajemen. Walaupun falsafah manajemen mutu ini dibuat dalam bidang industri, namun teori ini bisa diterapkan juga dalam bidang non profit seperti perpustakaan. Konsep teori Deming dapat membantu suatu organisasi perpustakaan untuk menentukan langkah yang tepat dalam mencapai pelayanan yang bermutu.

 

Kata Kunci: Manajemen Mutu, Manajemen Perpustakaan, Tokoh Manajemen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad dkk. Layanan Cinta: Perwujudan Layanan Prima ++ Perpustakaan. Jakarta : Sagung Seto, 2012.

Arianto, M Solihin Arianto dan Ahmad Subhan. Isu-Isu Pengembangan Perpustakaan Digital di Indonesia. Yogyakarta: 2011.

Deming, W. Edwards. Deming-The Man Timeline, https://deming.org/theman/timeline. Diakses tanggal 18 September 2015.

Drucker, Peter F . The Leader of The Future. New York: The Drucker Fondation. 1996.

Goble, Frank G. Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow, (Judul asli:The Third Force, The Psychology of Abraham Maslow), Diterjemahkan oleh Drs. A. Supratiknya, Yogyakarta: Kanisius, 1989.

Handoko, T Hani . Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2000.
Neave, Henry R. Deming’s 14 Points For Management : Framework For Success. Journal of The Royal Statistical Society. Series D (the Statistician), Vol 36 No. 5. 1987.

Prihantoro, C. Rudy. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education Cetakan V. Jogjakarta: IRCiSoD, Juli 2007

Suarez, J.Gerald. Three Experts on Quality Management. Arlington: TQLO Publication, July 1992.

Tarigan, Zeplin Jiwa Husada. Dukungan Manajemen Puncak terhadap Strategic Purchasing dalam Berkomunikasi dan Berkolaborasi dengan Supplier untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Surabaya: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.11, No. 2, September 2009: 126-133.

Tunggal, Amien Widjaja. Manajemen Mutu Terpadu: Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta, 1998.
Published
2018-02-12
How to Cite
Gita P, A. (2018). Penerapan Falsafah Deming di Perpustakaan. Jurnal Pustaka Budaya, 4(2), 1-12. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/100
Section
Articles
Abstract viewed = 486 times
Fulltext downloaded = 743 times