PENGUATAN FUNGSI PERPUSTAKAAN ROSELLA GENEMATRIK DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERBASIS INFORMASI DI KELURAHAN SIANTAN TENGAH

  • kiki vellania Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Atiqa Nur Latifa Hanum Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Sisilya Saman Madeten Universitas Tanjungpura Pontianak
Keywords: Fungsi Perpustakaan, Informasi, Masyarakat

Abstract

Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku saja, tetapi perpustakaan sebagai pusat sumber informasi untuk masyarakat dan perpustakaan memiliki fungsi sebagai sarana penyimpanan, penelitian, informasi, edukatif dan kultural. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi perpustakaan, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan Rosella Genematrik dalam melaksanakan fungsi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian sebanyak 5 informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan Rosella Genematrik sudah menerapkan 5 fungsi perpustakaan, yaitu fungsi penyimpanan, fungsi penelitian, fungsi informasi, fungsi edukatif, dan fungsi kultural. Dua dari kelima fungsi tersebut masih ada yang belum optimal, seperti fungsi penelitian dan fungsi informatif. Sehingga masih terdapat kendala dalam melaksanakan fungsi perpustakaan tersebut, yaitu kekurangan tenaga pengelola perpustakaan, rendahnya minat baca sehingga menyebabkan rendahnya minat kunjung, serta sarana dan prasarana yang belum memadai di perpustakaan Rosella Genematrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, S. (2013). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 140-157. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Christiani, L. (2018). Peran Perpustakaan dalam mewujudakan Budaya Informasi Masyarakat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Febriani, M. (2015). Hubungan Studi Tentang Fungsi Perpustakaan dan Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa di SMAN 1 Bayuasin I. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Indonesia, P. N. (2019). Standar Nasional Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan. Jakarta Pusat: Perpustakaan Republik Indonesia.

Nababan, Y. I. (2019). Reposisi Fungsi Perpustakaan Sebagai Media Akses Informasi (Studi Kasus Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jambi). Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Suwarno, W. (2017). Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
2023-01-04
How to Cite
vellania, kiki, Hanum, A. N. L., & Madeten, S. S. (2023). PENGUATAN FUNGSI PERPUSTAKAAN ROSELLA GENEMATRIK DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERBASIS INFORMASI DI KELURAHAN SIANTAN TENGAH. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 44-49. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11443
Section
Articles
Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 289 times