PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PENERAPAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS (SMA) UNTUK PERPUSTAKAAN DI INDONESIA

  • Eko Noprianto Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Keywords: media sosial, social media analytics, Indonesia

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemanfaatan media sosial di perpustakaan, memberikan rancangan untuk penerapan SMA di perpustakaan, serta mengidentifikasi tantangan dalam penerapan SMA di perpustakaan yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan kajian literatur terhadap beberapa hasil penelitian tentang pemanfaatan media sosial di perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemanfaatan media sosial di perpustakaan adalah sebagai media promosi. Selain itu, media sosial juga digunakan sebagai media untuk berbagi informasi, sebagai media komunikasi, dan media sosial juga telah dimanfaatkan sebagai media untuk mempermudah proses layananan sirkulasi. Penelitian ini memberikan rancangan analitik terhadap facebook dan twitter. Pada facebook, terdapat enam bagian yang perlu diperhatikan dalam proses SMA, diantaranya: overview, likes, reach, visits, posts, dan people. Sedangkan untuk twitter hanya meliputi dua bagian saja yaitu tweet activity dan followers. Hasil penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam penerapan SMA untuk perpustakaan di Indonesia, diantaranya: penggunaan media sosial yang belum optimal, permasalahan bahasa, volume data, velocity, variety, dan veracity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsubaiee, S., Carey, M.J., & Li, C. (2015). LSM-Based Storage and Indexing : an Old Idea with Timely Benefits. Second International ACM Workshop on Managing and Mining Enriched Geo-spatial Data. New York: ACM1–6. http://dx.doi.org/10.1145/2786006. 2786007.

Anna, N. E. V. (2015). Penggunaan Web 2.0 sebagai Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia. Record and Library Journal, 1(1), 77-82.

Damayanti, T. E. (2014). Pemanfaatan Twitter sebagai Media Information Sharing di Perpustakaan. Jurnal Universitas Airlangga, 3(2). Diakses dari journal.unair.ac.id/download-fullpapers-lna3c10283b4full.pdf.

Fan, W., & Gordon, M. D. (2014). The Power of Social Media Analytics. Communications of the ACM, 57(6), 74–81. DOI: 10.1145/2602574.

Haryanto. (2016). Pemanfaatan Social Media Network Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangkaoptimalisasi Resources Sharing Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 8(1), 121-130.

Hussain, A. (2015). Adoption of Web 2.0 in Library Associations in the Presence of Social Media. Program: Electronic Library and Information Systems, 49(2), 151-169. DOI 10.1108/PROG-02-2013-0007.

Istiani, P. (2017). Penggunaan Media Sosial oleh Perpustakaan. Libraria, 5(1), 69-86.

Kasiviswanathan, S. P., Melville, P., Banerjee, A., & Sindhwani, V. (2011). Emerging topic detection using dictionary learning. In Proceedings of the 20th ACM international conference on Information and knowledge management (pp. 745–754). New York: ACM. https://doi.org/10.1145/2063576.2063686.

King, D.L. (2015). Managing Your Library’s Social Media Channels. American Library Association Journals, 51(1), 26-32.

Kurniasih, N. (2015). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. Makalah disampaikan pada Seminar Perpustakaan dengan Tema Peningkatan Kompetensi dan Peran Pustakawan di Era Keterbukaan Informasi Publik. Jakarta: Kementrian Perindustrian.

Larasati, A. P. (.n.d). Pemanfaatan Facebook Perpustakaan (Studi Deskriptif Pemanfaatan Jejaring Sosial: Facebook) di Kalangan Anggota Facebook Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo. Diakses dari journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jurnal%20Anitya.pdf.

Lovett, J. (2011). Social media metrics secrets. Wiley Publishing: Chichester.

McCallum, I. (2015). Use of Social Media by the Library: Current Practices and Future Opportunities. A White Paper from Taylor & Francis. The Australian of Library Journal, 64 (2), 161-162. DOI: https://doi.org/10.1080/00049670.2015.1040364.

Mangold, W.G., & Faulds, D.J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52, 357-365. doi:10.1016/j.bushor.2009.03.002.

Odewole, M. O. (2017). The Role of Librarian in Using Social Media Tools to Promote the Research Output of HIS/HER Clienteles. Journal of Education and Practice, 8 (27), 109-113.

Pinelli, R., Shapiro, J., Borst, S., & Storck, P. (2015). Social Media Measurement Guidelines Version 4.1 (draft). Media Rating Council: United States.

Sari, D.P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Minat Baca Anak Di Perpustakaan Reading Is Fun Jakarta Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Sen, B.K. (2008). Ranganathan’s Five Law’s. Annals of Library and Information Studies, 55, 87-90.

Siswanti, A. (2015). Pemanfaatan Layanan Perpanjangan Masa Peminjaman Koleksi Melalui Media Sosial Facebook di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 1-7.

Social Media Research Group. (2016). Using social media for social research: An introduction. Social Media Research Group: United Kingdom.

Sudarsono, B. (2010). Menerapkan Konsep Perpustakaan 2.0. BACA, 31 (1), 1-14.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatitf dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sulistyo-Basuki. (2010). Metode Penelitian. Penaku: Jakarta.

Valkanas, G., Katakis, I., Gunopulos, D., & Stefanidis, A. (2014). Mining Twitter Data with Resource Constraints. In 2014 IEEE/WIC/ACM International Joint Conferences on Web Intelligence (WI) and Intelligent Agent Technologies (IAT) (pp. 157–164). https://doi.org/10.1109/WI-IAT.2014.29.

Wallis, R. (2007). Web 2.0 to Library 2.0 - from Debate to Reality. New Review of Information Networking, 13(1), 53-64.

Zeng, D., Chen, H., Lusch, R., & Li, S-H. (2011). Social media analytics and intelligence. IEEE Intelligent Systems, 25(6). DOI: 10.1109/MIS.2010.151.
Published
2018-07-31
How to Cite
Noprianto, E. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PENERAPAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS (SMA) UNTUK PERPUSTAKAAN DI INDONESIA. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1583
Section
Articles