Urgensi Penerapan User Experience dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Loyalitas di Perpustakaan

Authors

  • Abdurrasyiid Ridla UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Laili Sofia Fitri Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Henky Ahmad Rihal Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sri Rohyanti Zulaikha UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31849/njnyh168

Keywords:

User Experience, Pelayanan prima, Loyalitas

Abstract

User Experience (UX) adalah salah satu aspek penting dalam memperbaiki mutu layanan di perpustakaan, terutama di zaman digital yang mengutamakan efisiensi dan kemudahan akses informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai UX dalam mewujudkan pelayanan prima dan loyalitas serta penerapannya dalam perpustakaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur terkait penerapan user experience dalam mewujudkan pelayanan prima dan loyalitas pada perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UX berkaitan erat dengan prinsip pelayanan prima.  Kemudian untuk mewujudkan pelayanan prima di perpustakaan, unsur-unsur UX dapat diterapkan dalam konteks pelayanan perpustakaan.

References

Abdul Ghani, M. S. A., & Wan Shamsuddin, S. N. (2020). Definitions and Concepts of User Experience (Ux): a Literature Review. International Journal of Creative Future and Heritage (TENIAT), 8(1), 130–143. https://doi.org/10.47252/teniat.v8i1.292

Abdurahman, A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2022). Evaluasi Aspek Usable, Valueable, dan Useful pada Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Grasshoper menggunakan Parameter UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 2392–2401.

Abidin, S. (2018). Peran Ilmu Perpustakaan di Era Teknologi dan Media Informasi: Membangun Dasar Pengetahuan. Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alaudin Makassar. Retrieved from https://ipi.fah.uin-alauddin.ac.id/artikel-3567-peran-ilmu-perpustakaan-di-era-teknologi-dan-media-informasi-membangun-dasar-pengetahuan

Al Fatih, M. T. (2024). User Experience: Panduan Lengkap untuk Pemahaman dan Implementasi. Retrieved from Website D3 Rekayasa Perangkat Lunak website: https://dif.telkomuniversity.ac.id/user-experience-panduan-lengkap-untuk-pemahaman-dan-implementasi/

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Aprilia, N. A. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Perpustakaan Digital Ipusnas Menggunakan Metode UX Honeycomb [Undergraduate, UPN VETERAN JAWA TIMUR]. https://repository.upnjatim.ac.id/28195/?utm_source=chatgpt.com

Arefianto, W., Arija, H. H., & Junianingrum, S. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Nasi Goreng Bang Tofan Desa Balok Kabupaten Kendal. Journal of Management, 2(1), Article 1.

Bagaskara, W., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Perpustakaan Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Barifah, M., Landoni, M. and Eddakrouri, A. (2020) ‘Evaluating the user experience in a digital library’, Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 57(1), p. e280. Available at: https://doi.org/10.1002/pra2.280

Bidayasari, S. (2018). Perilaku Penemuan Informasi Berdasarkan Teori Wilson Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Pada Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 113. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.368

Cahyono, T. Y. (2017). Optimalisasi Layanan Prima di Perpustakaan. Universitas Negeri Malang, 11. Retrieved from http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/07/Optimalisasi-Layanan-Prima-di-Perpustakaan.pdf

Chariria, F. A., & Wahyuni, A. G. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Teman Akses: Peta Aksesibilitas Difabel Dan Edukasi Di Sleman. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1531

Fatmawati, E. (2013). Matabaru penelitian perpustakaan ke serqual ke libqual+ TM.

Gani, S.-A. (2024). Membangun Komunikasi Efektif dalam Layanan Informasi Perpustakaan: Analisis Konseptual. LIBRIA, 16(2), 114–125. https://doi.org/10.22373/23332

I.O. for Standardization. (2019). Ergonomics of human-system interaction Part 210: Human-centred design for interactive systems. ISO. https://www.iso.org/standard/77520.html

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. http://digilib.isi.ac.id/2667/1/UU-43-2007-PERPUSTAKAAN.pdf

Indonesia, P. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , Pub. L. No. 14 Ayat (1) (2007).

Indriyani, M., & Masruri, A. (2024). Kajian kompetensi pustakawan pada layanan prima di Perpustakaan STIKES Tri Mandiriri Sakti Bengkulu. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 31–41. https://doi.org/10.18592/pk.v12i1.10874.

Islamiyati, S.R. (2023) Analisis penilaian User Experience pada penggunaan Website Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metode UX Honeycomb. PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Available at: http://etheses.uin-malang.ac.id/58755/ (Accessed: 30 May 2025).

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kalida, M. (2021). Keterampilan Sosial Pustakawan di Era Digital. Lembaga Ladang Kata. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42104/

Kartika, D. (2021). Analisis Inovasi Produk, Kuantitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Make Up Artist Mey Slowis Cikampak. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i2.3100

Lestari, D. T., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisis Aksesibilitas Website Kementerian di Indonesia Sebagai Implementasi dari E-Government. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 16–26.

Magain, M., & Chambers, L. (2014). Get Started in UX: The complete Guide to launching a Career in User Experience Design. BookBaby.

McKay, E. N. (2013). UI is communication: How to design intuitive, user centered interfaces by focusing on effective communication. Newnes. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=wNozxtKuOKcC&oi=fnd&pg=PP1&dq=UI+is+Communication:+How+to+Design+Intuitive,+User+Centered+Interfaces+by+Focusing+on+Effective+Communication&ots=va59h5varU&sig=xpIVgS0KC_ohSYutdzCSI_7emPg

Nurhayati, E., & Mayesti, N. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis Terhadap Penerapan Sistem Klasifikasi Khusus Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, 25(2). https://doi.org/10.7454/JIPK.v25i2.1093

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50. https://doi.org/10.1177/002224298504900403

Permana, A., Fatwanto, A., & Fadilah, C. (2024). Rancangan Fitur Layanan Sirkulasi Inklusif Untuk Mahasiswa Difabel Di Perpustakaan Universitas XYZ. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 43–50. https://doi.org/10.31849/pb.v11i1.16704

Prasetyo, R. I., & Widyatama, U. (2025). Membaca Pikiran Pengguna dalam Strategi UX / UI ( Menciptakan Pengalaman Digital yang Menarik dan Berkesan ). (March).

Pratiwi, A. (2024). Efektivitas Penerapan Pathfinder pada Layanan Deposit Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Paradigm : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.62668/paradigm.v2i02.1160

Pribadi, P., & Kusumawardhani, D. (2021). Pengaruh kredibilitas pustakawan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Amikom Purwokerto. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/bip.v17i2.954

Purba, J. P. (2018). Eksistensi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Digital. Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung. Retrieved from https://dkpus.babelprov.go.id/content/eksistensi-perpustakaan-perguruan-tinggi-di-era-digital

Putri, A. M., & Hasan, R. (2025). Optimasi Tata Ruang Dalam Meningkatkan Kenyamanan Budaya Baca Pemustaka di Perpustakaan Jusuf Kalla Universitas Islam Internasional Indonesia. At-Taklim: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i2.136

Ridla, A. (2024). Analisis Kualitas Layanan Koleksi Tugas Akhir Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan Metode Libqual +TM [Undergraduated Thesis]. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rohmiyati, Y. (2024). User Experience in the Library Science Perspective. Proceedings of the 2nd International Conference on Culture and Sustainable Development (ICOCAS 2024)., 224. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=8Xc2EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA224&dq=User+Experience+in+the+Library+Science+Perspective++Yuli+Rohmiyati&ots=DmNi6pAKJs&sig=6jaiQHnDd9h5YcVfPZRo-XK3PAA

Seale, M., Hicks, A., & Nicholson, K. (2022). Towards a critical turn in library UX. FIMS Publications, 83(1). https://discovery.ucl.ac.uk/id/eprint/10123517/

Setyawan, W. B. (2024). Perpustakaan sebagai Tempat Inspirasi dalam Mendorong Minat Belajar. Buletin Perpustakaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.36573

Sulianta, F. (2025). UX UI Design. Feri Sulianta.

Sungadi, S. (2021). Manajemen Layanan Perpustakaan terhadap Loyalitas Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Media Pustakawan, 28(1), 61–75. https://doi.org/10.37014/medpus.v28i1.1192

Sungadi. (2018). Etos Kerja dan Profesionalisme Pustakawan Di Era Modern (yogyakarta). ASWAJA PRESINDO.

Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik/Sutarno. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=5888&keywords=

Tjiptono, F. (2020). Service Management: Mewujudkan layanan prima edisi 1. Penerbit Andi.

Vitriana, N. (2024). Transformasi perpustakaan di era digital native. Librarium: Library and Information Science Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.693

Wibowo, P. M. (2022). Evaluasi Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Website Untuk Meningkatkan Indikator Visibility Webometrics Universitas “XYZ.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i1.13916

Wiji, S. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Wiryawan, M. B. (2011). User Experience (UX) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Humaniora, 2(2), 1158. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3166

Yaqin, M. N., Shodiqin, A., & Isnaini, R. L. (2025). Prinsip Arsitektur Ergonomi pada Bangunan Sekolah Berasrama: Studi Kasus di Al Azhar Yogyakarta World School. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 41–51.

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Urgensi Penerapan User Experience dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Loyalitas di Perpustakaan. (2025). Jurnal Pustaka Budaya, 12(2), 143-156. https://doi.org/10.31849/njnyh168