Urgensi Penerapan User Experience dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Loyalitas di Perpustakaan
DOI:
https://doi.org/10.31849/njnyh168Keywords:
User Experience, Pelayanan prima, LoyalitasAbstract
User Experience (UX) adalah salah satu aspek penting dalam memperbaiki mutu layanan di perpustakaan, terutama di zaman digital yang mengutamakan efisiensi dan kemudahan akses informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai UX dalam mewujudkan pelayanan prima dan loyalitas serta penerapannya dalam perpustakaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur terkait penerapan user experience dalam mewujudkan pelayanan prima dan loyalitas pada perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UX berkaitan erat dengan prinsip pelayanan prima. Kemudian untuk mewujudkan pelayanan prima di perpustakaan, unsur-unsur UX dapat diterapkan dalam konteks pelayanan perpustakaan.
References
Abdul Ghani, M. S. A., & Wan Shamsuddin, S. N. (2020). Definitions and Concepts of User Experience (Ux): a Literature Review. International Journal of Creative Future and Heritage (TENIAT), 8(1), 130–143. https://doi.org/10.47252/teniat.v8i1.292
Abdurahman, A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2022). Evaluasi Aspek Usable, Valueable, dan Useful pada Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Grasshoper menggunakan Parameter UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 2392–2401.
Abidin, S. (2018). Peran Ilmu Perpustakaan di Era Teknologi dan Media Informasi: Membangun Dasar Pengetahuan. Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alaudin Makassar. Retrieved from https://ipi.fah.uin-alauddin.ac.id/artikel-3567-peran-ilmu-perpustakaan-di-era-teknologi-dan-media-informasi-membangun-dasar-pengetahuan
Al Fatih, M. T. (2024). User Experience: Panduan Lengkap untuk Pemahaman dan Implementasi. Retrieved from Website D3 Rekayasa Perangkat Lunak website: https://dif.telkomuniversity.ac.id/user-experience-panduan-lengkap-untuk-pemahaman-dan-implementasi/
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Aprilia, N. A. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Perpustakaan Digital Ipusnas Menggunakan Metode UX Honeycomb [Undergraduate, UPN VETERAN JAWA TIMUR]. https://repository.upnjatim.ac.id/28195/?utm_source=chatgpt.com
Arefianto, W., Arija, H. H., & Junianingrum, S. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Nasi Goreng Bang Tofan Desa Balok Kabupaten Kendal. Journal of Management, 2(1), Article 1.
Bagaskara, W., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Perpustakaan Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.
Barifah, M., Landoni, M. and Eddakrouri, A. (2020) ‘Evaluating the user experience in a digital library’, Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 57(1), p. e280. Available at: https://doi.org/10.1002/pra2.280
Bidayasari, S. (2018). Perilaku Penemuan Informasi Berdasarkan Teori Wilson Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Pada Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 113. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.368
Cahyono, T. Y. (2017). Optimalisasi Layanan Prima di Perpustakaan. Universitas Negeri Malang, 11. Retrieved from http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/07/Optimalisasi-Layanan-Prima-di-Perpustakaan.pdf
Chariria, F. A., & Wahyuni, A. G. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Teman Akses: Peta Aksesibilitas Difabel Dan Edukasi Di Sleman. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1531
Fatmawati, E. (2013). Matabaru penelitian perpustakaan ke serqual ke libqual+ TM.
Gani, S.-A. (2024). Membangun Komunikasi Efektif dalam Layanan Informasi Perpustakaan: Analisis Konseptual. LIBRIA, 16(2), 114–125. https://doi.org/10.22373/23332
I.O. for Standardization. (2019). Ergonomics of human-system interaction Part 210: Human-centred design for interactive systems. ISO. https://www.iso.org/standard/77520.html
Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. http://digilib.isi.ac.id/2667/1/UU-43-2007-PERPUSTAKAAN.pdf
Indonesia, P. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , Pub. L. No. 14 Ayat (1) (2007).
Indriyani, M., & Masruri, A. (2024). Kajian kompetensi pustakawan pada layanan prima di Perpustakaan STIKES Tri Mandiriri Sakti Bengkulu. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 31–41. https://doi.org/10.18592/pk.v12i1.10874.
Islamiyati, S.R. (2023) Analisis penilaian User Experience pada penggunaan Website Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metode UX Honeycomb. PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Available at: http://etheses.uin-malang.ac.id/58755/ (Accessed: 30 May 2025).
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Kalida, M. (2021). Keterampilan Sosial Pustakawan di Era Digital. Lembaga Ladang Kata. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42104/
Kartika, D. (2021). Analisis Inovasi Produk, Kuantitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Make Up Artist Mey Slowis Cikampak. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36987/jumsi.v1i2.3100
Lestari, D. T., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisis Aksesibilitas Website Kementerian di Indonesia Sebagai Implementasi dari E-Government. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 16–26.
Magain, M., & Chambers, L. (2014). Get Started in UX: The complete Guide to launching a Career in User Experience Design. BookBaby.
McKay, E. N. (2013). UI is communication: How to design intuitive, user centered interfaces by focusing on effective communication. Newnes. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=wNozxtKuOKcC&oi=fnd&pg=PP1&dq=UI+is+Communication:+How+to+Design+Intuitive,+User+Centered+Interfaces+by+Focusing+on+Effective+Communication&ots=va59h5varU&sig=xpIVgS0KC_ohSYutdzCSI_7emPg
Nurhayati, E., & Mayesti, N. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis Terhadap Penerapan Sistem Klasifikasi Khusus Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, 25(2). https://doi.org/10.7454/JIPK.v25i2.1093
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50. https://doi.org/10.1177/002224298504900403
Permana, A., Fatwanto, A., & Fadilah, C. (2024). Rancangan Fitur Layanan Sirkulasi Inklusif Untuk Mahasiswa Difabel Di Perpustakaan Universitas XYZ. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 43–50. https://doi.org/10.31849/pb.v11i1.16704
Prasetyo, R. I., & Widyatama, U. (2025). Membaca Pikiran Pengguna dalam Strategi UX / UI ( Menciptakan Pengalaman Digital yang Menarik dan Berkesan ). (March).
Pratiwi, A. (2024). Efektivitas Penerapan Pathfinder pada Layanan Deposit Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Paradigm : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.62668/paradigm.v2i02.1160
Pribadi, P., & Kusumawardhani, D. (2021). Pengaruh kredibilitas pustakawan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Amikom Purwokerto. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/bip.v17i2.954
Purba, J. P. (2018). Eksistensi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Digital. Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung. Retrieved from https://dkpus.babelprov.go.id/content/eksistensi-perpustakaan-perguruan-tinggi-di-era-digital
Putri, A. M., & Hasan, R. (2025). Optimasi Tata Ruang Dalam Meningkatkan Kenyamanan Budaya Baca Pemustaka di Perpustakaan Jusuf Kalla Universitas Islam Internasional Indonesia. At-Taklim: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i2.136
Ridla, A. (2024). Analisis Kualitas Layanan Koleksi Tugas Akhir Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan Metode Libqual +TM [Undergraduated Thesis]. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rohmiyati, Y. (2024). User Experience in the Library Science Perspective. Proceedings of the 2nd International Conference on Culture and Sustainable Development (ICOCAS 2024)., 224. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=8Xc2EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA224&dq=User+Experience+in+the+Library+Science+Perspective++Yuli+Rohmiyati&ots=DmNi6pAKJs&sig=6jaiQHnDd9h5YcVfPZRo-XK3PAA
Seale, M., Hicks, A., & Nicholson, K. (2022). Towards a critical turn in library UX. FIMS Publications, 83(1). https://discovery.ucl.ac.uk/id/eprint/10123517/
Setyawan, W. B. (2024). Perpustakaan sebagai Tempat Inspirasi dalam Mendorong Minat Belajar. Buletin Perpustakaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.36573
Sulianta, F. (2025). UX UI Design. Feri Sulianta.
Sungadi, S. (2021). Manajemen Layanan Perpustakaan terhadap Loyalitas Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Media Pustakawan, 28(1), 61–75. https://doi.org/10.37014/medpus.v28i1.1192
Sungadi. (2018). Etos Kerja dan Profesionalisme Pustakawan Di Era Modern (yogyakarta). ASWAJA PRESINDO.
Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik/Sutarno. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=5888&keywords=
Tjiptono, F. (2020). Service Management: Mewujudkan layanan prima edisi 1. Penerbit Andi.
Vitriana, N. (2024). Transformasi perpustakaan di era digital native. Librarium: Library and Information Science Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.693
Wibowo, P. M. (2022). Evaluasi Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Website Untuk Meningkatkan Indikator Visibility Webometrics Universitas “XYZ.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i1.13916
Wiji, S. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Wiryawan, M. B. (2011). User Experience (UX) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Humaniora, 2(2), 1158. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3166
Yaqin, M. N., Shodiqin, A., & Isnaini, R. L. (2025). Prinsip Arsitektur Ergonomi pada Bangunan Sekolah Berasrama: Studi Kasus di Al Azhar Yogyakarta World School. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 41–51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author and Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
1. Jurnal Pustaka Budaya is an electronic journal that freely available. Papers that submitted to this journal are published under the terms of the Creative Commons License. The terms of the license are:
- Attribution. The licensor permits others to copy, distribute, display, and perform the work. In return, licensees must give the original author credit.
- Noncommercial. Others permits to copy, distribute, display, and perform the work as long as not use the work for commercial purposes — unless they get the licensor's permission.
- No Derivative Works. The licensor permits others to copy, distribute, display and perform only unaltered copies of the work -- not derivative works based on it.
The full terms of the Creative Commons License please see at their Web site.
No claim on copyright is made by the publisher. Persons or publishers wishing to download a paper for whatever use (other than personal study) must contact the author for permission.
2. However, in submitting to Jurnal Pustaka Budaya, authors agree to their paper being published under the terms set out above.
3. It is assumed that, when an author submits a paper to Jurnal Pustaka Budaya, he or she is the legal copyright holder and no other claim to the copyright exists.


















