PERAN TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN KEBERHASILAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI 02 RAJAMANDALA
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dan tenaga perpustakan sekolah dalam implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 02 Rajamandala Kulon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan perpustakaan sekolah dan tenaga perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon. Ruang lingkup penelitian ini adalah Gerakan Literasi Sekolah Dasar pada tahap pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka atau dokumentasi, dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru sebagai fasilitator GLS, kepala sekolah dan tenaga perpustakaan sekolah di SDN 02 Rajamandala kulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon telah sesuai dengan strategi yang ditetapkan oleh Kemdikbud dalam Panduan GLS. Peran perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon antara lain menyiapkan sarana dan prasarana, serta memfasilitasi kegiatan tersebut. Peran tenaga perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon adalah sebagai fasilitator dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk keberlangsungan GLS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpustakaan dan tenaga perpustakaan sekolah memiliki peran sangat penting dalam implementasi GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon.
Downloads
References
Ernawati, E. (2018). Hakikat Literasi. (Afifah, Interviewer)
Ernawati, E. (2018). Keadaan GLS. (Afifah, Interviewer)
Ernawati, E. (2018). Perbaikan Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)
Hindun, S. (2018). Dukungan Sekolah Terhadap GLS. (Afifah, Interviewer)
Hindun, S. (2018). Pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon. (Afifah, Interviewer)
Hindun, S. (2018). Tantangan Pelaksanaan GLS. (Afifah, Interviewer)
Kemdikbud. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud
Nurzaman, D. (2018). Membaca Senyap oleh USAID PRIORITAS. (Afifah, Interviewer)
Nurzaman, D. (2018). Pengadaan Koleksi Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)
Nurzaman, D. (2018). Perbaikan Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)
OECD. (2002). Reading For Change: Performance and Engangement Accross Countries (Programme for International Student Assesment), Paris: Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD).
Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Permendikbud No.25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
Prastowo, A. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press
Trianggoro, Cahyo, Yusup, P. M, & Erwina, W. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Tenaga Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol.1/No.1 Juni, 51-54
Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Tenaga Perpustakaan
USAID. (2013). Selamat Datang di USAID PRIORITAS. USAID. https://prioritaspendidikan.org/id/post/1
Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Bandung: Rajawali.
Yusup, P.M & Suhendar, Y. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Copyright (c) 2020 Author and Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
1. Jurnal Pustaka Budaya is an electronic journal that freely available. Papers that submitted to this journal are published under the terms of the Creative Commons License. The terms of the license are:
- Attribution. The licensor permits others to copy, distribute, display, and perform the work. In return, licensees must give the original author credit.
- Noncommercial. Others permits to copy, distribute, display, and perform the work as long as not use the work for commercial purposes — unless they get the licensor's permission.
- No Derivative Works. The licensor permits others to copy, distribute, display and perform only unaltered copies of the work -- not derivative works based on it.
The full terms of the Creative Commons License please see at their Web site.
No claim on copyright is made by the publisher. Persons or publishers wishing to download a paper for whatever use (other than personal study) must contact the author for permission.
2. However, in submitting to Jurnal Pustaka Budaya, authors agree to their paper being published under the terms set out above.
3. It is assumed that, when an author submits a paper to Jurnal Pustaka Budaya, he or she is the legal copyright holder and no other claim to the copyright exists.