PERAN TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN KEBERHASILAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI 02 RAJAMANDALA

  • Nur ‘Afina Afifah Universitas Padjadjaran
  • Wina Erwina Universitas Padjadjaran
  • Asep Saeful Rohman Universitas Padjadjaran
Keywords: perpustakaan sekolah, tenaga perpustakaan sekolah, gerakan literasi sekolah (GLS)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dan tenaga perpustakan sekolah dalam implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 02 Rajamandala Kulon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan perpustakaan sekolah dan tenaga perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon. Ruang lingkup penelitian ini adalah Gerakan Literasi Sekolah Dasar pada tahap pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka atau dokumentasi, dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru sebagai fasilitator GLS, kepala sekolah dan tenaga perpustakaan sekolah di SDN 02 Rajamandala kulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon telah sesuai dengan strategi yang ditetapkan oleh Kemdikbud dalam Panduan GLS. Peran perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon antara lain menyiapkan sarana dan prasarana, serta memfasilitasi kegiatan tersebut. Peran tenaga perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon adalah sebagai fasilitator dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk keberlangsungan GLS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpustakaan dan tenaga perpustakaan sekolah memiliki peran sangat penting dalam implementasi GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernawati, E. (2018). Hakikat Literasi. (Afifah, Interviewer)

Ernawati, E. (2018). Keadaan GLS. (Afifah, Interviewer)

Ernawati, E. (2018). Perbaikan Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)

Hindun, S. (2018). Dukungan Sekolah Terhadap GLS. (Afifah, Interviewer)

Hindun, S. (2018). Pelaksanaan GLS di SDN 02 Rajamandala Kulon. (Afifah, Interviewer)

Hindun, S. (2018). Tantangan Pelaksanaan GLS. (Afifah, Interviewer)

Kemdikbud. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud

Nurzaman, D. (2018). Membaca Senyap oleh USAID PRIORITAS. (Afifah, Interviewer)

Nurzaman, D. (2018). Pengadaan Koleksi Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)

Nurzaman, D. (2018). Perbaikan Perpustakaan. (Afifah, Interviewer)

OECD. (2002). Reading For Change: Performance and Engangement Accross Countries (Programme for International Student Assesment), Paris: Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD).

Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

Permendikbud No.25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Prastowo, A. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press

Trianggoro, Cahyo, Yusup, P. M, & Erwina, W. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Tenaga Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol.1/No.1 Juni, 51-54

Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Tenaga Perpustakaan

USAID. (2013). Selamat Datang di USAID PRIORITAS. USAID. https://prioritaspendidikan.org/id/post/1

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Bandung: Rajawali.

Yusup, P.M & Suhendar, Y. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Published
2020-07-04
How to Cite
Afifah, N. ‘Afina, Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). PERAN TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN KEBERHASILAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI 02 RAJAMANDALA. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105-112. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.4174
Section
Articles
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 38 times