ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE PERPUSTAKAAN UII DENGAN WEBSITE PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (UGM, UNY, UIN SUNAN KALIJAGA DAN ISI)

  • Budhi Santoso Universitas Gadjah Mada
Keywords: website, uii, perpustakaan, ug, uny, uin sunan kalijaga, isi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kualitas website yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan website perpustakaan perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Hasil kajian ini sangatlah penting guna mengetahui dan mengevaluasi tentang bagaimana merancang situs yang memudahkan pengguna. Untuk itu perlu di analisis dengan menggunakan  model “The 7C’s framework” ”, model ini mempunyai 7 model yaitu Context, Content, Community, Cuztomization, Communication, Connection, dan Commerce. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu panduan bagi perpustakaan dalam melakukan pengembangan situs web yang telah dibangun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah struktur menu yang layak dan mudah di akses bagi pengunjung sesuai dengan 7C’s framework di atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, objek penelitiannya adalah Situs web Perpustakaan UII (http://library.uii.ac.id) dengan website perguruan tinggi negeri di Yogyakarta antara lain situs web Perpustakaan UGM (http://lib.ugm.ac.id), situs web Perpustakaan UNY (http://library.uny.ac.id) situs web UIN Sunan Kalijaga (http://lib.uin-suka.ac.id) situs web Perpustakaan ISI (http://lib.isi.ac.id). Data di analisis menggunakan tabel 7C’s frameworks. untuk penelitian ini unsur perdagangan atau commerce akan di hilangkan yaitu pada checklist shopping experience, karena situs web perpustakaan tidak memiliki point shopping experience. Langkah selanjutnya adalah penentuan skor berdasarkan banyaknya “YES” dan “NO”. Jika suatu situs menghasilkan dua pertiga atau lebih “YES” artinya situs tersebut termasuk baik sekali; jika menghasilkan sepertiga sampai dua pertiga artinya situs tersebut termasuk rata-rata; dan jika situs tersebut menghasilkan kurang dari sepertiga artinya ada indikasi masalah pada situs tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-11
How to Cite
Santoso, B. (2014). ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE PERPUSTAKAAN UII DENGAN WEBSITE PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI YOGYAKARTA (UGM, UNY, UIN SUNAN KALIJAGA DAN ISI). Jurnal Pustaka Budaya, 1(2), 18-32. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/548
Section
Articles
Abstract viewed = 896 times
PDF downloaded = 1229 times