ANALISIS TINDAK TUTUR PERFORMATIF DALAM FILM MUSANG BERJANGGUT KARYA P. RAMLEE

  • Mohd. Fauzi Universitas Lancang Kuning
Keywords: musang, berjanggut, pragmatik, tindak tutur performatif, p ramlee

Abstract

J

udul penelitian ini adalah “ Analisis Tindak Tutur Performatif dalam Film Musang Berjanggut” yang ditulis oleh P. Ramlee. Film ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan pragmatik dengan konsep Leech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam film Musang Berjanggut terdapat banyak tindak tutur perfomatif yaitu; representatif, direktif, expresif, komisif, and deklaratif. Musang Berjanggut mengangkat cerita seorang anak Raja bernama Tun Nila Utama dari kerajaan Pura Cendana yang ditugaskan oleh Sultan untuk mencari istri. Tun Nila Utama mencari perempuan bukan betina. Perempuan adalah wanita yang menjaga marwah, sedangkan betina adalah wanta yang menjual marwah. Banyak gadis-gadis yang dia jumpai sepanjang perjalanannya dalam mencari jodoh tetapi tidak satupun dari mereka yang berhasil memasak bahan makanan yang dia bawa dalam uncangnya. Akhirnya, dia menemukan perempuan yang dicari-carinya. Dia bernama Puspawangi, perempuan cantik, bermartabat, bijaksana dan pandai. Dia adalah potret perempuan Melayu yang menjaga identitas dan martabatnya.

Kata Kunci :     Musang Berjanggut, Pragmatik, Tindak Tutur Performatif,             P. Ramlee

Abstract
This writing deals with an analysis of a language phenomena in a film entitles “The Analysis of Performative Speech Acts in Musang Berjanggut Film written by P. Ramlee”. In this case, the work is analyzed by using pragmatic approach. The result shows that there are some events found which undermine the performative speech acts based of Leech’s concepts; representatives, directives, expressives, commisives, and declaratives. Musang Berjanggut elevates a prince from Pura Cendana who is looking for a wife. There are kinds of women he meets during his journey but no one of them is successful to answer his trick but only Puspawangi. She is a very beautiful woman, brave and clever. She is a portrait of Malay woman who keeps her identity and dignity. 

Keywords: Musang Berjanggut, Pragmatics, Speech Acts, P. Ramlee.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-10
How to Cite
Fauzi, M. (2015). ANALISIS TINDAK TUTUR PERFORMATIF DALAM FILM MUSANG BERJANGGUT KARYA P. RAMLEE. Jurnal Pustaka Budaya, 2(2), 13-27. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/571
Section
Articles
Abstract viewed = 302 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>