REAKTUALISASI BUDAYA BAHARI NUSANTARA

  • Gusti Adnan Universitas Andalas
Keywords: budaya bahari, nusantara

Abstract

Abstrak
Indonesia adalah negara bahari, dan budaya Indonesia sesungguhnya bagian yang terpisahkan dari budaya bahari. Informasi tentang Indonesia sebagai sebuah negara bahari dan pengetahuan tentang budaya bahari Indonesia perlu diaktualkan kembali. Hal ini penting dilakukan karena selama ini telah terjadi pembelokan sejarah, telah terjadi upaya-upaya yang masif, terstruktur dan sistematis oleh berbagai kekuatan agar orang Indonesia melupakan sejarahnya dan budayanya, yang secara langsung atau tidak berhubungan dengan dunia bahari. Dari perspektif historis, pengetahuan dan pemahaman akan sejarah bangsa dan budaya bangsa yang berhubungan dengan dunia bahari ini akan menghadirkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki banyak sifat yang luhur, agung, dan mampu menjadi penuntun bagi keselamatan hidup bila diamalkan dengan baik dan saksama.

Kata Kunci: Budaya Bahari, Nusantara 

Abstract
Indonesian culture is an integral part of maritime culture. The existence and knowledge of Indonesia as a maritime nation need to actualized to prevent destruction and forgotten history and maritime culture of Indonesia. Understanding of the culture and nation’s history will bring a sense of pride as a nation that has many properties that lofty, noble, and could be as a guide for the safety of life when practiced properly and carefully.

Keyword: Maritime culture, Archipelago, Nusantara

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-10
How to Cite
Adnan, G. (2015). REAKTUALISASI BUDAYA BAHARI NUSANTARA. Jurnal Pustaka Budaya, 2(2), 1-12. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/572
Section
Articles
Abstract viewed = 335 times