PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

  • Ashabul Khairi Universitas Negeri Padang
  • Dedy Irfan Universitas Negeri Padang
  • Mukhlidi Muskhir Universitas Negeri Padang
Keywords: Multimedia, Desain grafis, Pembelajaran flash

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi berupa produk multimedia yang memenuhi standar valid pada materi desain grafis. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) menerapkan model pengembangan 4-D yaitu Devine, Designe, Develope, Diseminate. Namun dalam studi ini terbatas sampai pada 3-D saja. Instrumen penelitian terdiri dari angket validitas. Verifikasi produk dilakukan oleh dua orang validator yang kompeten dalam aspek materi dan desain. Hasil validasi produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi memenuhi validitas sebesar 99%, mencapai kriteria sangat valid. Selanjutnya, pada aspek desain dengan kriteria valid memiliki persentase validitas sebesar 87%. Berdasarkan tahapan pengujian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran teridentifikasi valid untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
How to Cite
Khairi, A., Irfan, D., & Muskhir, M. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4, 30 - 36. https://doi.org/10.31849/zn.v4i.12559
Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 197 times