PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 30 PEKANBARUT.A 2017/2018

  • Raudhah Awal Universitas Lancang Kuning
  • Efriani Efriani Universitas Lancang Kuning
Keywords: Model Siklus Belajar 5E, Tutor Sebaya, hasil belajar, motivasi, pencemaran lingkungan.

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Siklus Belajar 5E berbantuan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa dan motivasi pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest posttest control group desaign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.3 berjumlah 38 orang dan siswa kelas VII.4 berjumlah 37 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui  pretest, posttest, angket motivasi, serta lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 samples. Rerata N-gain pada kelas kontrol adalah 0.21 (kategori rendah) dan pada kelas eksperimen adalah 0.82 (kategori tinggi). Rerata  angket pada kelas kontrol adalah 70.54 (kategori tinggi) dan pada kelas eksperimen adalah 101.89 (kategori sangat tinggi). Hasil uji-t N-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen  adalah 0.006. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E berbantuan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa dan motivasi  pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-11
How to Cite
Awal, R., & Efriani, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 30 PEKANBARUT.A 2017/2018. Bio-Lectura, 5(1), 33-44. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1010
Section
Article