PENGARUH PENERAPAN MODEL SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) MELALUI MEDIA OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) STUDIO PADA PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 PEKANBARU

  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
  • Rahmat Ramadansur Universitas Lancang Kuning
  • Rahma Mela Putri Universitas Lancang Kuning
  • Raudhah Awal Universitas Lancang Kuning
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: SETS (Science, Environment, Technology, Society), OBS(Open Broadcaster Software), Learning Outcomes

Abstract

Penerapan pembelajaran model SETS melalui media OBS (Open Broadcaster Software) yang menjadi sebuah model pembelajaran interaktif di SMAN 16 Pekanbaru. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan  untuk mengetahui pengaruh model SETS ini dengan Media OBS pada materi ekosistem di SMAN 16 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022. “Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, dengan menggunakan desain the matching only pretest posttest control design sample penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa masing-masing pada kelas eksperimen 30 dan kontrol 30 yang diambil dengan Simple Random sampling. “Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, observasi aktivtas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian rerata N-Gain pada kelas kontrol 0.35 (rendah), sedangkan pada kelas eksperimen sebesar  0.69 (sedang).  Sedangkan pada hasil uji-t N-Gain didapat perbedaan yang signifikan antara kelas dengan pembelajaran konvensional dan kelas yang diberikan perlakuan penerapan Model SETS mengunakan Media OBS (Open Broadcaster Software). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran mengunakan model SETS melaui Media OBS yang dilakukan pada Materi Ekosistem berpengaruh terhadap dan hasil belajar peserta didik di SMAN 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifatu. 2015. Arif,F & Sumardi. 2019. Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.2, Juli 2019.

Ariesta. 2017. Pendekatan SETS Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Arif & Sumardi. 2019. Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.2, Juli 2019

Basilaia, Dgebuadze, Kantaria, & Chokhonelidze. 2020. Replacing the classic learning form at universities as an immediate response to the Covid-19 virus infection in Georgia. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology (IJRASET), 8, 101–108.

Binadja. 2002. Hakekat dan tujuan pendidikan SETS dalam kontek kehidupan dan pendidikan yang ada. Makalah Seminar dan Lokakarya Nasional.

Huda. 2020. Ekosistem Mapel Biologi Kelas X. Modul Pembelajaran SMA Biologi. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Juli. 2020. Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, and Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Khasanah. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Jurnal Dosen Pendidikan biologi UIN Walisongo Semarang.

Marbun. 2020. Disain pembelajaran online pada era dan pasca Covid-19. CSRID (Computer Science research and its development journal), 12(2), 129–142.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung

Supratiknya. 2012. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Wiasti. 2018. Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environment,Technology, Society) Terhadap Kemampuan Metakognisi Ditinjau Dari Self Regulation Siswa Kelas X SMAN 12 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Yulistiana. 2015. Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Evironment, Technology, and Society) dalam Pendidikan Sains. Jurnal Formatif 5(1) : 76-82.

Published
2022-10-25
How to Cite
Sari, E., Ramadansur, R., Putri, R. M., Awal, R., & Sari, M. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) MELALUI MEDIA OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) STUDIO PADA PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 210-217. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11533
Section
Article
Abstract viewed = 416 times
PDF downloaded = 353 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>