PENGARUH PENERAPAN MODEL SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) MELALUI MEDIA OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) STUDIO PADA PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 PEKANBARU
Abstract
Penerapan pembelajaran model SETS melalui media OBS (Open Broadcaster Software) yang menjadi sebuah model pembelajaran interaktif di SMAN 16 Pekanbaru. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model SETS ini dengan Media OBS pada materi ekosistem di SMAN 16 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022. “Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, dengan menggunakan desain the matching only pretest posttest control design sample penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa masing-masing pada kelas eksperimen 30 dan kontrol 30 yang diambil dengan Simple Random sampling. “Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, observasi aktivtas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian rerata N-Gain pada kelas kontrol 0.35 (rendah), sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0.69 (sedang). Sedangkan pada hasil uji-t N-Gain didapat perbedaan yang signifikan antara kelas dengan pembelajaran konvensional dan kelas yang diberikan perlakuan penerapan Model SETS mengunakan Media OBS (Open Broadcaster Software). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran mengunakan model SETS melaui Media OBS yang dilakukan pada Materi Ekosistem berpengaruh terhadap dan hasil belajar peserta didik di SMAN 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022.
Downloads
References
Afifatu. 2015. Arif,F & Sumardi. 2019. Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.2, Juli 2019.
Ariesta. 2017. Pendekatan SETS Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Arif & Sumardi. 2019. Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.2, Juli 2019
Basilaia, Dgebuadze, Kantaria, & Chokhonelidze. 2020. Replacing the classic learning form at universities as an immediate response to the Covid-19 virus infection in Georgia. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology (IJRASET), 8, 101–108.
Binadja. 2002. Hakekat dan tujuan pendidikan SETS dalam kontek kehidupan dan pendidikan yang ada. Makalah Seminar dan Lokakarya Nasional.
Huda. 2020. Ekosistem Mapel Biologi Kelas X. Modul Pembelajaran SMA Biologi. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Juli. 2020. Pengaruh Pendekatan Science, Environment,Technology, and Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis di Kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Khasanah. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Jurnal Dosen Pendidikan biologi UIN Walisongo Semarang.
Marbun. 2020. Disain pembelajaran online pada era dan pasca Covid-19. CSRID (Computer Science research and its development journal), 12(2), 129–142.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung
Supratiknya. 2012. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Wiasti. 2018. Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environment,Technology, Society) Terhadap Kemampuan Metakognisi Ditinjau Dari Self Regulation Siswa Kelas X SMAN 12 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Yulistiana. 2015. Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Evironment, Technology, and Society) dalam Pendidikan Sains. Jurnal Formatif 5(1) : 76-82.
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.