PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMPN 2 SALO KABUPATEN KAMPAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2013 di kelas VIII B SMP N 2 Salo Kabupaten Kampar. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Dari hasil penelitian diperoleh rerata daya serap siswa pada siklus I 60,15% (cukup), dan daya serap siswa pada siklus II 83,79% (baik). Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 34,48% (tidak tuntas), pada siklus II sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan analisis statistik paired sample t-test terdapat perbedaan yang signifikan antara ulangan harian 1 dan 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 2 Salo Kabupaten Kampar pada materi sistem pencernaan manusia.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.