PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMPN 2 SALO KABUPATEN KAMPAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Raudhah Awal
  • Fani Harmigo
Keywords: Kata kunci : Teknik tari bambu, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

Abstract

ABSTRAK: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2013 di kelas VIII B SMP N 2 Salo Kabupaten Kampar. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Dari hasil penelitian diperoleh rerata daya serap siswa pada siklus I  60,15% (cukup), dan daya serap siswa pada siklus II  83,79% (baik). Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 34,48% (tidak tuntas), pada siklus II sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan analisis statistik paired sample t-test terdapat perbedaan yang signifikan antara ulangan harian 1 dan 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 2 Salo Kabupaten Kampar pada materi sistem pencernaan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-10-25
How to Cite
Awal, R., & Harmigo, F. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMPN 2 SALO KABUPATEN KAMPAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TAHUN AJARAN 2013/2014. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49-59. https://doi.org/10.31849/bl.v1i2.307
Section
Article
Abstract viewed = 276 times
Raudhah Awal pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>