ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMANEGERI 1 MINAS T. A 2014/2015

  • Raudhah Awal
  • Ester Junika Frasiska
Keywords: Kata kunci :kompetensi pedagogik, kurikulum 2013

Abstract

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian kompetensi pedagogik guru biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Minas tahunajaran 2014/2015 yang dilaksanakanpadabulanJanuari 2015.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh guru biologi di SMA Negeri 1 Minas yang berjumlah 3 orang. Parameter dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik yang disesuaikan dengan Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase sesuai pedoman Penilaian Kinerja Guru. Berdasarkan hasil analisis, kompetensi pedagogik dalam implementasi Kurikulum 2013 terhadap masing-masing guru biologi adalah :1) Guru biologi 1 mencapai nilai 92,5 dengan sebutan amat baik, 2) Guru biologi 2 mencapai nilai 90 dengan sebutan baik, 3) Guru Biologi 3 mencapai nilai 92,5 dengan sebutan amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki guru biologi di SMA Negeri 1 Minas tercapai sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 telah terpenuhi dengan Penilaian Kinerja (PK) kompetensi pedagogik mencapai nilai rata-rata 92 dengan sebutan amat baik dan persentase angka kreditnya 125%. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-25
How to Cite
Awal, R., & Frasiska, E. J. (2015). ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMANEGERI 1 MINAS T. A 2014/2015. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31849/bl.v2i1.309
Section
Article
Abstract viewed = 262 times
Raudhah Awal pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>