PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NURUL FALAH PEKANBARU

  • Raudhah Awal
  • Noni Yulianti
Keywords: Kata Kunci : learning cycle, penguasaan konsep dan sistem ekskresi

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen The Matching only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2, dengan teknik pengambilan total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi. Rerata N-Gain kelas eksperimen 0,60 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,49 kategori sedang. Dari hasil Uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata aktivitas guru kelas eksperimen pertemuan I dan II 100%  kelas kontrol pertemuan  I dan II 100%. Rerata aktivitas siswa kelas ekperimen pertemuan I 96,40%, II 98,20% dan kelas kontrol pertemuan I 80% II 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar guru dan siswa  pada materi  sistem ekskresi di kelas  XI IPA SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-25
How to Cite
Awal, R., & Yulianti, N. (2015). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NURUL FALAH PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 119-128. https://doi.org/10.31849/bl.v2i2.322
Section
Article
Abstract viewed = 104 times
Raudhah Awal pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>