PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP PGRI PEKANBARU

  • Martala Sari
Keywords: Kata kunci: make a match, saintifik, penguasaan konsep, minat belajar, sistem

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbasis saintifik terhadap penguasaan konsep dan minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group desain. Sampel penelitian ini adalah kelas kontrol VIII.C dengan jumlah 30 siswa dan kelas eksperimen VIII.D dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t apabila data berdistribusi normal dan homogen. Rerata N-gain pada kelas kontrol 0.24 (kategori rendah) dan kelas eksperimen 0.58 (kategori sedang). Berdasarkan uji statistik N-gain berbeda signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji-t, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat belajar siswa, minat belajar siswa lebih tinggi setelah belajar dibandingkan dengan sebelum belajar. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbasis saintifik terhadap penguasaan konsep dan minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru T.A 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-25
How to Cite
Sari, M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP PGRI PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1). https://doi.org/10.31849/bl.v4i1.372
Section
Article
Abstract viewed = 341 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>