PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH MIKROBIOLOGI
Abstract
Pandemi Covid-19 telah merubah cara kerja masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan dan pengajaran. Untuk mencegah meningkatnya kasus Covid-19 ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan tentang proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa tentang pembelajaran online selama pandemi Covid-19 pada matakuliah mikrobiologi dasar dan mikrobiologi analitik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar secara online dengan bantuan google form. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 69 mahasiswa dari program studi pendidikan Biologi, Universitas Lancang Kuning yang terlibat dalam pembelajaran daring selama pandemic Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan 50.72 % mahasiswa menyatakan bahwa perkuliahan daring memudahkan dalam memahami materi, meningkatkan motivasi belajar 62.32%, membantu dalam belajar 75.36% dan membantu dalam kesiapan perkuliahan sebesar 75.36%. Tingkat persepsi terhadap aspek pelaksanaan proses belajar mengajar, kompetensi dosen dan sarana prasarana menunjukkan persepsi positif dengan tingkat persepsi berturut-turut sebesar 74.55%, 80.87% dan 77.83%. Secara keseluruhan sebanyak 84.04 % mahasiswa puas dengan perkuliahan daring khususnya pada matakuliah Mikrobiologi.
Downloads
References
Hadi, L. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8 : 2 (56 - 61).
Maulana, H. A. dan Hamidi, M. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Equilibrium: Jurnal Pendidikan. VIII. 2, 224-231.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150-167.
Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 1(1), 1-15.
Ratnawati, D. dan Vivianti. 2020. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIK APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Edukasi Elektro. 4 (2), 110-119.
Sadikin, A. dan Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (02) 214-224.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8.1, 81-86.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zhafira, N. H., Ertika, Y. dan Chairiyaton. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen 4 : 1, 37-45.
Copyright (c) 2021 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.