PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

  • Martala Sari
  • Hardis Hardis
Keywords: Kata kunci :Pengelolaan kelas, penguasaan konsep, sistem pencernaan manusia

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengelolaan kelas terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 6 Siak Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Oktober Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen nonequivalent groupspretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII2 dan VIII3 dengan jumlah siswa masing-masing adalah 30 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test.Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,44 (kategori sedang) dan pada kelas kontrol 0,19 (kategori rendah). Rerata aktivitas guru kelas eksperimen pada pertemuan I dan II adalah 100% dan pada kelas kontrol pertemuan I adalah 64,7% dan pertemuan  II adalah 58,8%. Rerata aktivitas siswa  kelas eksperimen pertemuan I adalah 91,0% dan pada pertemuan II adalah 95,5%. dan kelas kontrol pertemuan I adalah 69,9% dan pada pertemuan II adalah 81,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap peningkatkan penguasaan konsep belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu Tahun Ajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-25
How to Cite
Sari, M., & Hardis, H. (2015). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 22-31. https://doi.org/10.31849/bl.v2i1.312
Section
Article
Abstract viewed = 265 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>