PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN BERBANTUAN TORSO HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMP DA’WAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan berbantuan torso terhadap hasil belajar siswa pada materi ekskresi pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru pada semester ganjil bulan April Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dengan jumlah siswa 24 orang dan VIIIB dengan jumlah siswa 21 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent 2 Samples t-tes dan Uji U-man Whitney. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,23 (Rendah), sedangkan pada kelas eksperimen 0,62 (Sedang). Dari hasil Uji U-man Whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan berbantuan torso terhadap hasil belajar siswa pada materi ekskresi di Kelas VIII SMP DA’WAH Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.