PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN BERBANTUAN TORSO HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMP DA’WAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016

  • Martala Sari
  • Yuherman Yuherman
Keywords: Kata Kunci : ekskresi, hasil belajar, talking stick, torso

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan berbantuan torso terhadap hasil belajar siswa pada materi ekskresi pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru pada semester ganjil bulan April Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dengan jumlah siswa 24 orang dan VIIIB dengan jumlah siswa 21 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent 2 Samples t-tes dan Uji U-man Whitney. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,23 (Rendah), sedangkan pada kelas eksperimen 0,62 (Sedang). Dari hasil Uji U-man Whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan berbantuan torso terhadap hasil belajar siswa pada materi ekskresi di Kelas VIII SMP DA’WAH Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-25
How to Cite
Sari, M., & Yuherman, Y. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN BERBANTUAN TORSO HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMP DA’WAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1). https://doi.org/10.31849/bl.v3i1.331
Section
Article
Abstract viewed = 436 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>